Ada Celah Keamanan, Pengguna iPhone, iPad, dan Mac Diminta Update OS

Kompas.com - 29/07/2021, 06:39 WIB
ilustrasi perangkat Apple mashable.comilustrasi perangkat Apple
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Apple memperingatkan pengguna iPhone, iPad, hingga Mac untuk segera melakukan update software (OS) ke versi terbaru.

Menurut Apple, pembaruan ini dimaksudkan untuk menambal celah keamanan yang bisa dieksploitasi oleh peretas, terkait eksekusi kode dengan kernel privileges.

Celah keamanan yang ada di iOS, iPadOS, dan macOS itu bukan hanya bersifat teori saja, tapi kemungkinan sudah benar-benar digunakan hacker untuk meretas.

Baca juga: iOS 14.7.1 Dirilis untuk Atasi Masalah Unlock Apple Watch dengan iPhone

"Kami (Apple) mendapati laporan bahwa masalah ini telah dieksploitasi secara aktif. Kemungkinan ada aplikasi yang menjalankan kode berbahaya itu," kata Apple dalam sebuah pernyataan.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Mashable, Kamis (29/7/2021), untuk mengatasi masalah tersebut, pengguna gadget Apple diminta untuk segera melakukan update ke iOS 14.7.1 atau iPad OS 14.7.1.

Pembaruan itu tersedia untuk perangkat mulai iPhone 6S, iPad Pro, iPad Air 2, iPad generasi ke-5, iPad Mini 4, iPod touch generasi ke-7, atau iPad yang lebih baru.

Pembaruan iOS 14.7.1 dan iPadOS 14.7.1 ini sudah bisa diunduh secara over-the-air (OTA). Biasanya, kehadiran update ini ditandai dengan munculnya notifikasi khusus di perangkat.

Baca juga: iOS 15 dan MacOS Monterey Bakal Ganti Password dengan Touch ID atau Face ID

Namun, apabila tidak mendapatkan notifikasi pembaruan iOS 14.7.1 dan iPadOS 14.7.1, pengguna iPhone dan iPad bisa memperbarui OS secara manual dengan cara mengakses menu "Settings", lalu buka opsi "General", kemudian pilih opsi "Software Update".

Sementara, bagi pengguna perangkat komputer Mac, perbaikan celah keamanan disalurkan lewat macOS Big Sur versi 11.5.1.

Update software MacOS dapat dilakukan dengan cara menekan ikon berbentuk Apple di pojok kiri atas layar, lalu klik opsi "About This Mac", kemudian pilih "Software Update" dan klik "Update Now".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber MASHABLE
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.