Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Baru Discord Bikin Obrolan Kian Tertata

Kompas.com - 29/07/2021, 12:32 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber SlashGear

KOMPAS.com - Discord semakin gencar menambahkan fitur-fitur baru guna menunjang komunikasi antar-penggunanya.

Setelah menghadirkan fitur suara Stage Channels pada April lalu, Discord kini memperkenalkan fitur baru bernama Threads (utas), agar percakapan semakin tertata.

Threads memungkinkan pengguna Discord membuat utas percakapan baru di dalam server Discord. Setelah Threads dibentuk, pengguna dapat membahas obrolan yang terpisah namun masih relevan dengan topik utama, yang terdapat pada server.

Threads juga akan secara otomatis mengelompokkan beberapa obrolan di satu tempat yang sama, sehingga obrolan semakin tertata. Hal ini juga dapat mempermudah pengguna yang ingin mencari informasi atau sekedar mengobrol.

Baca juga: Tahun Depan, Pengguna PlayStation Bisa Ngobrol Lewat Discord

Sebagai pemegang peranan tertinggi di sebuah server Discord, moderator dapat membuat thread sekaligus menentukan anggota lain yang berhak melakukan hal serupa.

Sebuah thread yang terdapat dalam sebuah server Discord.Slashgear Sebuah thread yang terdapat dalam sebuah server Discord.

Berdasarkan fungsinya, fitur Threads dibagi menjadi dua jenis, yakni thread privat dan umum. thread privat hanya bisa diakses oleh sejumlah anggota tertentu, salah satunya adalah moderator.

Anggota yang sudah tergabung dalam thread privat ini bisa dengan leluasa mengirim pesan tanpa harus khawatir pesan tersebut dibaca oleh anggota lainnya.

Sebaliknya, thread umum mampu mengizinkan seluruh anggota untuk saling mengirim dan membalas pesan satu sama lain. Pesan yang tertera pada thread umum juga dapat dilihat oleh semua anggota Discord.

Baca juga: Discord di Android dan iOS Kedatangan Fitur Screen Sharing, Begini Cara Pakainya

Meski terbilang praktis, namun sebuah thread hanya dapat bertahan paling lama 24 jam setelah dibuat. Setelah waktu tersebut, seluruh percakapan dalam Threads akan diarsipkan.

Anggota masih bisa mengakses dan membaca seluruh percakapan di dalam thread melalui menu Archieve, meski tidak lagi bisa membalas pesan.

Dihimpun KompasTekno dari Slash Gear, Kamis (29/7/2021), jangka waktu thread dapat diperpanjang hingga satu pekan pada server yang sudah naik ke level 2.

Saat ini, fitur Threads telah tersedia pada Discord platform Windows, macOS, Linux, iOS, Android, dan Discord berbasis web.

Untuk sementara, fitur ini akan menjadi bagian dalam server Community, hingga dirilis secara resmi ke semua pengguna pada 17 Agustus mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber SlashGear


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com