Ada Tabel Periodik Interaktif di Google Search, Begini Cara Melihatnya

Kompas.com - 15/08/2021, 12:35 WIB
Google Search punya tabel periodik interaktif The VergeGoogle Search punya tabel periodik interaktif
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Google kini menambahkan fitur baru berupa tabel periodik interaktif untuk layanan mesin pencarinya, Search.

Tabel periodik adalah susunan unsur kimia yang diurutkan berdasarkan nomor atomnya sehingga sifat periodik kimia suatu unsur (periodisitas kimia) menjadi jelas.

Untuk mengakses fitur ini, pengguna cukup mengetik kata kunci "tabel periodik" atau "periodic table" di kolom pencarian Google Search.

Tabel periodik akan muncul pada menu "See the periodic table elements in 3D" yang berada di samping kanan hasil penelusuran untuk peramban versi dekstop, atau di bawah untuk browser mobile. Klik tombol "Explore Elements" untuk membuka tabel periodik interaktif.

Baca juga: Pendiri Google Kok Boleh Tinggal di Selandia Baru saat Pandemi?

Sebagai catatan, tombol "Explore Elements" hanya akan muncul juga setelan bahasa produk Google dan hasil pencarian diatur ke Bahasa Inggris. Alternatifnya, silakan klik tautan berikut untuk langsung melihat tabel periodik Google Search. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tampilan informasi singkat berikut gambar atom dari salah satu unsur di tabel periodik interaktif di Google Search. Google Tampilan informasi singkat berikut gambar atom dari salah satu unsur di tabel periodik interaktif di Google Search.
Sesuai namanya, tabel periodik ini dapat bekerja secara interaktif ketika pengguna meng-klik salah satu atom di dalamnya.

Misalnya, saat pengguna menekan atom "H" (Hydrogen). Nantinya, Google akan menyertakan fakta singkat mengenai atom tersebut seperti misalnya rincian tentang massa atom, tingkat suhu (melting/boiling), dan lainnya.

Tabel periodik ini juga menunjukkan sifat logam setiap unsur, diantaranya yaitu Reactive Nonmetal, Alkali Metal, Alkaline Earth Metal, Transition Metal, Lanthanide, Actinide, Post-transition Metal, Metalloid, dan Noble Gas.

Baca juga: Google Maps di iPhone Dapat Fitur Mode Gelap

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Minggu (15/8/2021), pengguna juga akan melihat animasi 3D dari atom setiap elemen yang dipilih.

Dengan adanya tabel periodik interaktif ini, pengguna khususnya dari kalangan pelajar akan lebih mudah dalam mengenal unsur-unsur kimia di Google Search.




Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.