Google Maps di iPhone Dapat Fitur Mode Gelap

Kompas.com - 05/08/2021, 06:43 WIB
Ilustrasi Google Maps Dark Mode. Android PoliceIlustrasi Google Maps Dark Mode.

KOMPAS.com - Google resmi menghadirkan tampilan serba gelap, alias Dark Mode di aplikasi navigasi Maps versi Android pada Februari lalu. Kini, mode gelap tersebut akhirnya menyambangi aplikasi Maps versi iOS.

Seperti namanya, pengguna iPhone bisa mengaktifkan mode tersebut untuk membuat tampilan antarmuka Maps menjadi lebih nyaman dipandang. Selain itu, mode gelap juga diyakini dapat menghemat penggunaan baterai.

Untuk mengaktifkan Dark Mode di Maps versi iOS, pengguna hanya perlu mengaktifkan tampilan tersebut melalui menu pengaturan (Settings).

Setelah dinyalakan, maka tampilan Maps akan disulap menjadi serba hitam, dengan jalanan yang tampak dihiasi dengan dengan warna abu-abu kebiruan yang sedikit lebih terang namun tidak mencolok mata.

Baca juga: Menengok Fitur-fitur AI yang Akan Hadir di Google Maps

Apabila tampilannya sama dengan Maps versi Android, maka Dark Mode di Maps versi iOS sendiri akan menampilkan penanda situasi lalu lintas dengan warna yang berbeda.

Di antaranya seperti warna merah untuk situasi kemacetan, kuning menandakan adanya hambatan, hijau artinya kondisi jalanan lancar, dan lain sebagainya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fitur share live location dan widget di Maps versi iOS.Google Fitur share live location dan widget di Maps versi iOS.

Selain Dark Mode, Google juga menghadirkan dua fitur Maps lainnya di iOS, salah satunya adalah fitur yang memungkinkan pengguna berbagi titik atau lokasi real-time (live location) langsung melalui aplikasi perpesanan iMessage.

Baca juga: Benarkah Mode Gelap Bisa Menghemat Baterai Ponsel?

Ada pula fitur dua widget baru, masing-masing berfungsi untuk melihat kondisi keramaian jalanan terkini, dan mencari tempat atau destinasi yang ingin dituju tanpa harus membuka aplikasi Maps.

Perlu dicatat, tiga fitur baru di Maps versi iOS tersebut untuk saat ini masih digelontorkan secara bertahap ke sejumlah perangkat oleh Google, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GoogleBlog, Kamis (5/8/2021).

Artinya, pengguna iPhone yang belum mendapatkannya harus bersabar sedikit hingga aneka fitur anyar itu muncul di aplikasi Maps mereka. 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.