Elon Musk Bikin Robot Manusia "Tesla Bot", Meluncur 2022

Kompas.com - 21/08/2021, 17:04 WIB
Robot manusia Tesla Bot rancangan Elon Musk. TeslaRobot manusia Tesla Bot rancangan Elon Musk.

KOMPAS.com - Elon Musk tak pernah lelah menghadirkan inovasi-inovasi terkini di dunia teknologi, melalui deretan perusahaan teknologi miliknya.

Misalnya, pada Februari lalu, Musk menggegerkan dunia maya dengan mengabarkan bahwa perusahaan Neuralink miliknya telah berhasil menanamkan microchip ke dalam otak seekor monyet. Microchip ini diklaim membuat monyet itu bisa bermain game.

Kini, Musk mengaku ingin membuat robot humanoid atau yang memiliki perawakan dan karakteristik seperti manusia, melalui perusahaan mobil listrik miliknya, Tesla. Namanya adalah Tesla Bot.

Baca juga: Xiaomi Bikin Robot Anjing CyberDog, Dijual Rp 22 Juta

Sebagaimana dihimpun dari situs resmi perusahaan, Tesla Bot didesain sebagai robot humanoid untuk mengerjakan tugas-tugas berbahaya, repetitif/berulang, atau tugas yang membosankan bila dilakukan oleh manusia.

Tangkapan layar presentasi robot humanoid yang disebut Tesla Bot yang dipaparkan CEO Tesla Elon Musk di California, AS, Kamis (18/8/2021).TESLA via CNET Tangkapan layar presentasi robot humanoid yang disebut Tesla Bot yang dipaparkan CEO Tesla Elon Musk di California, AS, Kamis (18/8/2021).

Wujud desain Tesla Bot ini diungkap oleh akun Twitter @Tesla. Tesla Bot direncanakan akan memiliki tinggi sekitar 172 cm, berbobot 56,6 kg, dan memiliki layar sebagai wajahnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam pembuatannya, komponen Tesla Bot akan memanfaatkan teknologi mesin otomatisasi di pabrik mobil Tesla, termasuk software dan hardware di sistem autopilot mobil Tesla.

Musk mengatakan, prototipe Tesla Bot rencananya akan diluncurkan pada sekitar tahun 2022 mendatang.

Baca juga: Samsung Kenalkan Robot Asisten Rumah Tangga Bot Handy

Meski demikian, dihimpun KompasTekno dari The Verge, Sabtu (21/8/2021), ide-ide fantastis dari Tesla sendiri tak selamanya selalu terwujud.

Misalnya, Tesla pernah punya ide untuk membuat jaringan Supercharger bertenaga surya, sistem battery swapping, hingga pengisi daya robot mirip ular. Ketiga rencana itu tak pernah terealisasi.

Jadi nasib realisasi Tesla Bot pun belum sepenuhnya final. Saat ditanya soal keinginan Tesla masuk industri robotika, Musk hanya mengatakan, "Kita lihat nanti".



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.