Daftar Atribut dan Talent Semua Jenis Emblem di Mobile Legends yang Wajib Diketahui

Kompas.com - 05/09/2021, 12:11 WIB
Ilustrasi menu Emblems di Mobile Legends. KOMPAS.com/BILL CLINTENIlustrasi menu Emblems di Mobile Legends.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pemain Mobile Legends bisa menggunakan Emblem untuk memperkuat karakter (hero) yang digunakan dalam pertempuran. Emblem akan menambah atribut dan kemampuan khusus (talent) sehingga berpengaruh terhadap gameplay dan kinerja hero.

Ada sembilan Emblem yang dibagi berdasarkan tipe atribut yang diperkuat dan kemampuan khusus yang bisa didapatkan, yakni Physical, Magical, Tank, Jungle, Assassin, Mage, Fighter, Marksman, dan Support. Gamer wajib mengetahuinya agar bisa bermain maksimal.

Baca juga: Daftar Perwakilan Tiap Provinsi di Kompetisi Mobile Legends Pra-PON XX Papua

Emblem Assassin, misalnya, akan memperkuat hero yang berperan sebagai assassin macam Hayabusa, Lancelot, Ling, dan sejenisnya. Kemudian, Emblem Mage antara lain akan membuat damage yang dihasilkan hero magic macam Eudora, Kagura, dan Nana menjadi makin besar.

Daftar atribut di Emblem Mobile Legends dan penjelasannya

Tiap Emblem di Mobile Legends akan menaikkan lima atribut dasar dari puluhan atribut yang tersedia. Kombinasi kelima atribut itu berbeda-beda antar emblem.

Daftar tiap atribut adalah sebagai berikut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs fandom Mobile Legends, Sabtu (4/9/2021).

  • Physical Defense (PDEF): atribut untuk menambah pertahanan hero terhadap serangan tipe fisik
  • Magical Defense (MDEF): atribut untuk menambah pertahanan hero terhadap serangan tipe magic
  • Physical Attack (PATK): atribut untuk menambah serangan fisik hero
  • Magical Power (MPWR): atribut untuk menambah serangan magic hero
  • Hybrid Attack (HBA): atribut untuk menambah serangan fisik dan magic hero
  • Hit Points (HP): atribut untuk menambah "darah" atau nyawa yang dimiliki hero
  • Mana (MN): atribut untuk menambah energi magic hero
  • HP Regen (HPR): atribut untuk meningkatkan regenerasi HP
  • Mana Regen (MNR): atribut untuk meningkatkan regenerasi Mana
  • Hybrid Regen (HBR): atribut untuk meningkatkan regenerasi HP dan Mana
  • Damage (DMG): perhitungan total serangan yang diberikan terhadap suatu hero musuh
  • Physical Damage (PDMG): perhitungan total serangan fisik yang diberikan terhadap suatu hero musuh
  • Magical Damage (MDMG): perhitungan total serangan magis yang diberikan terhadap suatu hero musuh
  • Damage Reduction (DMR): perhitungan pengurangan total serangan yang bakal didapatkan dari hero musuh
  • Attack Speed (ASPD): atribut untuk menambahkan kecepatan serangan hero
  • Movement Speed (MSPD): atribut untuk menambahkan kecepatan berjalan hero
  • Critical Chance (CRT): atribut untuk menentukan kemungkinan hero melakukan serangan dengan dengan bonus DMG
  • Critical Damage (CDMG): atribut untuk meningkatkan total bonus damage ketika hero mengeluarkan CRT
  • Cooldown (CD): atribut untuk menentukan berapa waktu jeda sebelum sebuah skill dapat digunakan kembali
  • Cooldown Reduction (CDR):atribut untuk mengurangi waktu jeda sebelum sebuah skill dapat digunakan kembali
  • Physical Lifesteal (PLST): atribut yang bakal memulihkan sedikit HP ketika hero melakukan serangan fisik
  • Magical Lifesteal (MLST): atribut yang bakal memulihkan sedikit HP ketika hero melakukan serangan magic
  • Hybrid Lifesteal (HLST): atribut yang bakal memulihkan sedikit HP ketika hero melakukan serangan fisik dan magic
  • Physical Penetration (PPEN): atribut untuk menentukkan seberapa besar sebuah serangan fisik dapat menembus atau mengabaikan PDEF hero musuh
  • Magical Penetration (MPEN): atribut untuk menentukkan seberapa besar sebuah serangan magic dapat menembus atau mengabaikan MDEF musuh
  • Hybrid Penetration (HPEN): atribut untuk menentukkan seberapa besar sebuah serangan fisik dan magis dapat menembus atau mengabaikan PDEF dan MDEF hero musuh
  • SPV (SPV): atribut untuk meningkatkan besaran bonus DMG dari skill yang dikeluarkan

Daftar talent dan sub talent di semua Emblem Mobile Legends berikut penjelasannya

Lima basic attribute sebuah Emblem di Mobile Legends.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Lima basic attribute sebuah Emblem di Mobile Legends.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain atribut dasar, tiap Emblem juga memiliki enam sub-talent yang bisa memberikan bonus atribut terhadap atribut dasar masing-masing hero.

Sub-talent bisa ditingkatkan hinnga 3 level menggunakan Talent Point yang didapat ketika sebuah Emblem mencapai level 15. Pemain akan mendapatkan satu Talent Point tiap emblem naik 5 level.

Adapun kesembilan emblem Mobile Legends  bisa ditingkatkan levelnya hingga maksimal level 60 menggunakan Battle Point/Diamond dan Emblem Fragment/Magic Dust.

Baca juga: 12 Battle Spells di Mobile Legends yang Wajib Diketahui Pemula

Talent Point sendiri hanya bisa didapatkan hingga Emblem maksimal level 45, artinya akan ada 7 bonus poin atribut yang bisa dialokasikan pengguna secara bebas ke sub-talent yang diinginkan.

Sebuah Emblem juga bisa memiliki dua hingga tingga talent untuk memberikan kekuatan ekstra pada sebuah hero. Talent ini akan memakan satu bonus poin yang telah didapatkan tadi.

Adapun elemen talent akan terbuka (unlocked) ketika level sebuah Emblem mencapai 20, 30, dan 40. Berikut daftar Talent yang ada di Mobile Legends, lengkap dengan fungsinya masing-masing.

  • (Physical) Life Drain: membunuh minion bakal dapat 3 persen HP
  • (Physical) Open Fire: memakai skill akan meningkatkan PDMG 5 persen selama 3 detik (CD 6 detik)
  • (Magical) Energy Absorption: membunuh minion bakal dapat 2 persen HP dan 3 persen Mana
  • (Magical) Magic Power Surge: memakai skill akan meningkatkan MPWR 11-25 poin (tergantung level hero) selama 3 detik (CD 6 detik)
  • (Tank) Tenacity: meningkatkan PDEF dan MDEF sebanyak 35 poin ketika HP di bawah 40 persen
  • (Tank) Brave Smite: memakai skill Crowd Control (CC) ke musuh meningkatkan HP sebanyak 5 persen (CD 10 detik)
  • (Tank) Concussive Blast: Setelah menyerang, memberikan MDMG AOE pada musuh sebanyak 125 + 7 persen HP. (CD 15 detik)
  • (Jungle) Veteran Hunter: menggunakan battle spell Retribution kepada creep akan mendapatkan ekstra 50 Gold ketika mereka mati
  • (Jungle) Wild Power: menambah efek slow pada Retribution sebanyak 20 persen dan mendapatkan ekstra 50 Gold ketika musuh mati ketika terkena efek tersebut. Ekstra Gold bisa bertambah sebanyak 10 Gold seiring berjalannya waktu, hingga maksimal 1.100 Gold.
  • (Jungle) Mage Killer: meningkatkan DMG kepada Lord, Turtle, dan Turret sebanyak 20 persen, serta mengurangi DMG dari Lord dan Turtle sebanyak 20 persen.
  • (Assassin) Bounty Hunter: membunuh musuh akan mendapatkan 30 persen ekstra Gold. Pemain bisa dapat bonus ini hingga 15 kali
  • (Assassin) High and Dry: meningkatkan DMG sebanyak 6 persen apabila musuh hanya sendirian
  • (Assassin) Killing Spree: setiap musuh dibunuh, hero akan mendapatkan 15 persen HP dan 20 persen MSPD selama 5 detik
  • (Mage) Mystery Shop: mengurangi harga item sebanyak 10 persen
  • (Mage) Magic Worship: memberikan DMG kepada musuh sebanyak 7 persen HP sebanyak 3 kali dalam durasi 5 detik akan memberikan efek burn yang bisa memberikan MDMG ekstra 82-250 poin secara berkala. (CD 12 detik)
  • (Mage) Impure Rage: menggunakan skill akan memberikan DMG ekstra sebanyak 4 persen HP musuh dan bakal memulihkan 3 persen Mana (CD 5 detik)
  • (Fighter) Unbending Will: setiap 1 persen HP yang hilang akan dikonversikan ke PDMG sebanyak 0,2 persen (maksimal 12 persen)
  • (Fighter) Fetival of Blood: mendapatkan ekstra SPV 8 persen. Setiap musuh dibunuh bonusnya akan bertambah 1 persen (maksimal 12 persen)
  • (Fighter) Disabling Strike: memberikan efek slow pada hero atau creep sebanyak 20 persen akan meningkatkan PATK sebanyak 30 persen. Efek akan berakhir ketika DMG sudah selesai diberikan atau dalam durasi 3 detik (CD 10 detik)
  • (Marksman) Weapon Master: meningkatkan bonus atribut PATK dari item sebanyak 50 persen
  • (Marksman) Electro Flash: menggunakan serangan biasa akan meningkatkan MSPD sebanyak 40 persen dan mendapatkan 30 persen HP dari total PATK hero selama 1,5 detik (CD 10 detik)
  • (Marksman) Weakness Finder: serangan biasa memiliki kemungkinan sebesar 20 persen untuk memberikan pengurangan MSPD sebanyak 90 persen, serta mengurangi ASPD-nya sebanyak 50 persen (CD 2 detik)
  • (Support) Focusing Mark: memberikan DMG kepada musuh akan meningkatkan DMG hero teman sekitar sebanyak 6 persen. Bonus DMG ini hanya berlaku ke musuh yang diberikan DMG tadi selama 3 detik (CD 6 detik)
  • (Support) Avarice: mendapatkan ekstra 10 Gold setelah memberikan DMG kepada musuh (hingga maksimal 1.200) (CD 4 detik)
  • (Support) Pull Yourself Together: mengurangi waktu Respawn dan Battle Spell CD sebanyak 15 persen

Untuk informasi lebih jelasnya terkait emblem Mobile Legends dan perhitungan atributnya, begitu juga bonus atribut Sub-talent yang bisa didapatkan, pemain bisa menyimak tabel berikut ini.

  Physical Magical Tank Jungle Assassin Mage Fighter Marksman Support
Basic Attribute 1 PATK + 14 MPWR + 14 PDEF + 10 ASPD + 4,5 persen PPEN + 13,5 MPEN + 13,5 PATK + 16 PATK + 50 HBR + 10
Basic Attribute 2 HPR + 18 HPR + 18 MDEF + 10 PATK + 13 PATK + 15 MPWR + 17 PDEF + 8 ASPD + 9,5 persen HPEN + 12
Basic Attribute 3 CRT + 2 persen CDR + 2 persen HP + 345 PLST + 2,5 persen CRT + 3,5 persen CDR + 5 persen MDEF + 8 PPEN + 9 CDR + 5 persen
Basic Attribute 4 HP + 267 HP + 267 CDR + 2 persen MSPD + 6 persen CDR + 5 persen SPV + 5 persen PPEN + 5 PLST + 9 persen MSPD 4 persen
Basic Attribute 5 ASPD + 3 persen MN + 180 HPR + 18 HP + 306 MSPD + 2 persen MSPD + 2 persen HP + 273 CRT + 9 persen HP + 183
Sub-talent 1 HP + 65/level MN + 70/level HP + 65/130/200 HBA + 4/level PATK + 4/level MPWR + 4/level PATK + 4/level PATK + 9/level CDR + 1,5/3/5 persen
Sub-talent 2 PDEF + 4/level HP + 65/level PDEF + 4/level DMG ke Monster + 7 persen/level CDR + 1,5/3/5 persen CDR + 1,5/3/5 persen PDEF + 4/level PLST + 1,5/3/5 persen HP + 65/130/200
Sub-talent 3 MDEF + 4/level MNR + 7/level MDEF + 4/level HSLT + 1,5/3/5 persen MSDP + 2 persen/level MSPD + 2 persen/level MDEF + 4/level CRT + 1,2 persen/level MSPD + 2 persen/level
Sub-talent 4 PATK + 4/level MPWR + 4/level CDR 2,5/5/8 persen ASPD + 1,5/3/5 persen PPEN + 2/level MPEN + 2/level PPEN + 2/level CDMG + 9,5 persen/level Healing Effect + 3 persen/level
Sub-talent 5 ASPD + 2 persen/level CDR + 1 persen dan MLST + 1,5 persen/level PDEF + 2,5/5/8 persen Battle Spell CDR + 2 persen/level CRT + 1,2 persen/level MPWR + 1,5/3/5 persen HP + 100/level CDR + 1,5/3/5 persen HPEN + 2 perse/level
Sub-talent 6 CRT + 1,2 persen/level MPEN + 2/level MDEF + 2,5/5/8 persen DMR dari Monster + 7 persen/level SPV + 1,5/3/5 persen MLST + 1,5/3/5 persen ASPD + 1,5/3/5 persen ASPD + 1,5/3/5 persen HBR + 5/10/16
Talent 1 Life Drain Energy Absorption Tenacity Veteran Hunter Bounty Hunter Mystery Shop Unbending Will Weapon Master Focusing Mark
Talent 2 Open Fire Magic Power Surge Brave Smite Wild Power High and Dry Magic Worship Festival of Blood Electro Flash Avarice
Talent 3 - - Concussive Blast Mage Killer Killing Spree Impure Rage Disabling Strike Weakness Finder Pull Yourself Together



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.