Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur iPhone 13 Pro Ini Sudah Lama Ada di Ponsel Android

Kompas.com - 15/09/2021, 17:05 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Smartprix

KOMPAS.com - Apple resmi meluncurkan jajaran iPhone 13 terbaru pada acara virtual yang digelar Rabu (15/9/2021) dini hari WIB.

Dua versi teratas dari lini iPhone 2021 tersebut, yaitu iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max,  dibekali dengan fitur anyar yang bisa dibilang sudah ada di ponsel Android sejak lama, yaitu ProMotion Display dengan refresh rate 120 Hz.

Layar monitor, TV, dan gadget pada umumnya hanya memperbarui tampilan sebanyak 60 kali setiap detik (60 Hz) di layar. Dengan refresh rate 120 Hz, tampilan diperbarui 120 kali per detik sehingga animasi seperti ketika bermain game bisa tampak lebih mulus.

iPhone 13 Pro dan Pro Max menjadi yang pertama kali menerapkan layar 120 Hz di iPhone. Sebelumnya, layar 60 Hz digunakan hingga iPhone 12 Pro Max keluaran 2020. Adapun iPhone 13 dan iPhone 13 Mini masih memakai layar 60 Hz.

Baca juga: Menerka Harga iPhone 13 Saat Meluncur di Indonesia

Angka refresh rate 120 Hz untuk layar gadget sebenarnya diperkenalkan oleh iPad Pro pada 2017. Di tahun yang sama, smartphone pertama dengan layar 120 Hz diperkenalkan, Razer 1.  Para pabrikan Android lain segera menyusul menyematkan fitur tersebut di produknya.

Dihimpun KompasTekno dari 9to5Google, Rabu (15/9/2021), pada tahun 2020, refresh rate 120 Hz menjadi fitur standar di flagship Android. Fitur ini hadir di perangkat-perangkat kelas atas seperti seri Galaxy S20 dari Samsung dan lini Find X2 besutan Oppo.

Beberapa smartphone Android meningkatkan refresh rate lebih jauh hingga mencapai 144 Hz, menyamai montor gaming di PC. Ponsel-ponsel itu misalnya Asus ROG Phone 3, Xiaomi Mi 10T Pro, Black Shark 4, dan Nubia Red Magic 6.

Refresh rate menyesuaikan dengan jenis konten

Galaxy Note 20 UltraKompas.com/Wahyunanda Kusuma Galaxy Note 20 Ultra

Kelebihan ProMotion adalah fitur ini tak mengunci refresh rate di angka tertentu, seperti 60 Hz atau 120 Hz, melainkan berubah-ubah secara dinamis tergantung jenis konten yang ditampilkan di layar. Rentang jangkauannya 10 Hz hingga 120 Hz.

Saat iPhone 13 Pro atau Pro Max hanya menampilkan teks statis di layar, refresh rate akan diturunkan menjadi 10 Hz. Tujuannya tak lain untuk mengirit daya.

"Layar akan meningkatkan refresh rate ke 120 Hz ketika dibutuhkan, dan akan menurunkannya secara dinamis ke angka terendah ketika tidak dibutuhkan untuk menghemat baterai," jelas SVP Worldwide Marketing, Greg Joswiak pada saat peluncuran.

Apabila ponsel menjalankan aplikasi yang sarat animasi macam game, barulah refresh rate dinaikkan ke angka maksimalnya sebesar 120 Hz untuk menghasilkan gerakan semulus mungkin.

Baca juga: Daftar Harga iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, serta iPhone 13 Pro Max

Meski menarik, konsep adaptive refresh rate ini pun tak benar-benar baru karena sudah lebih dulu diterapkan oleh segelintir pabrikan Android.

Galaxy S21 dan S21 Plus dari Samsung bisa menurunkan refresh rate hingga 48 Hz saat pengguna memandang konten seperti film dengan frame rate 24 FPS, dan menaikkannya hingga 120 Hz saat ponsel aktif digunakan.

Sementara itu, flagship dari pabrikan Korea Selatan tersebut, Galaxy S21 Ultra, memiliki kemampuan adaptive refresh rate yang mirip ProMotion, dengan jangkauan antara 10 Hz hingga 120 Hz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Smartprix
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com