Terungkap, Ini Kapasitas RAM iPhone 13 dan iPhone 13 Pro

Kompas.com - 17/09/2021, 15:37 WIB
Apple iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max dalam 2 varian warna AppleApple iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max dalam 2 varian warna
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Kendati selalu mengumbar peningkatan spesifikasi saat acara peluncuran iPhone terbaru, ada satu komponen yang tak pernah diungkap oleh Apple, yakni kapasitas RAM. Jajaran iPhone 13 yang diperkenalkan pada 15 September lalu pun tak terkecuali.

Kini, ada laporan anyar yang mengungkap berapa sebenarnya kapasitas RAM yang terdapat di lini iPhone terbaru itu. Laporan ini mengandalkan metode pembongkaran dokumen konfigurasi "plist" yang ada di software pengembang aplikasi iOS, Xcode.

Berdasarkan dokumen tersebut, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max disebut sama-sama dibekali dengan RAM 6 GB, sedangkan "saudaranya" iPhone 13 "reguler" dan iPhone 13 Mini  memiliki RAM 4 GB. 

Baca juga: Inikah Alasan Apple Tak Mau Hilangkan Poni di iPhone 13?

Kapasitas RAM ini, apabila mengacu kembali pada dokumen Xcode, identik dengan model iPhone sebelumnya. iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max diketahui memiliki RAM 6 GB, serta iPhone 12 reguler dan iPhone 12 Mini dibekali RAM 4 GB.

Belum diketahui apa alasan Apple tidak meningkatkan RAM di jajaran iPhone terbarunya itu. Belum tentu pula informasi RAM ini akurat atau tidak lantaran bukan merupakan keterangan resmi dari Apple.

Di luar RAM yang tak meningkat, pilihan media penyimpanan iPhone 13 kini dimulai dari 128 GB, dua kali lebih banyak dari iPhone 12. Opsi kapasitasnya setelah itu adalah 256 GB dan 512 GB.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Membandingkan Kamera iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max

Untuk iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max, Apple menambahkan satu opsi kapasitas storage sehingga totalnya berjumlah empat. Selain 128 GB, 256 GB, dan 512 GB, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max juga tersedia dalam pilihan media internal berkapasitas 1 TB.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Jumat (17/9/2021), iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max sekaligus menandai kali pertama Apple menyematkan kapasitas storage 1 TB (1.000 GB) di ponselnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.