Tablet Xiaomi Pad 5 Pro Tak Dijual di Indonesia, Ini Alasannya

Kompas.com - 18/09/2021, 08:03 WIB
Xiaomi Pad 5. XiaomiXiaomi Pad 5.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Xiaomi memiliki dua produk tablet terbaru, yakni Xiaomi Pad 5 dan Pad 5 Pro. Namun, dalam acara peluncuran virtual, Jumat (17/9/2021 malam), Xiaomi memastikan bawha tablet yang dipasarkan di Indonesia hanya Pad 5 saja

Alasannya diungkap oleh Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse. Menurut dia, keputusan untuk meluncurkan hanya satu model tablet terbaru Xiaomi itu berhubungan dengan kelangkaan pasokan chip yang saat ini tengah melanda dunia.

Baca juga: Xiaomi Umumkan Duo Pad 5, Tablet Android Mirip iPad Pro Harga Rp 4 Jutaan

"Sejak kuartal-III 2020, banyak perusahaan yang kena imbas kelangkaan chip. Sehingga, apabila kami memboyong banyak model (Xiaomi Pad 5), ketersediaan stok untuk masing-masing produk kemungkinan tak akan bisa terpenuhi," jelas Alvin.

Selain dipicu oleh kelangkaan chip, pertimbangan Xiaomi lainnya adalah masalah harga Xiaomi Pad 5 Pro yang bakal lebih mahal dari Pad 5 non-pro, sehingga akan lebih sedikit pula konsumen yang bisa membelinya.

Baca juga: Resmi, Tablet Xiaomi Pad 5 Dijual Rp 5 Juta di Indonesia

"Kami sadar bahwa versi Pro dinanti para fans, tapi kami harus membuat pengorbanan dari segi harga. Jadi, setelah diskusi panjang lebar, kami memutuskan kali ini kami tidak akan menghadirkan Xiaomi Pad 5 Pro (ke Indonesia)," pungkas Alvin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perbedaan Xiaomi Pad 5 dan Pad 5 Pro

Xiaomi Pad 5.Xiaomi Xiaomi Pad 5.

Secara tampilan dan dari beberapa spesifikasi, Xiaomi Pad 5 dan Xiaomi Pad 5 Pro terbilang mirip. Dari segi layar, misalnya, keduanya kompak mengusung panel IPS LCD dengan ukuran 11 inci dan resolusi WQHD Plus.

Layarnya juga sama-sama mengusung desain bezel-less dan mendukung refresh rate 120 Hz dengan tingkat kerapatan piksel 275 ppi, Dolby Vision, HDR10, dan tingkat kecerahan hingga 650 nits.

Perbedaan terletak di System-on-Chip yang digunakan kedua tablet tersebut, yaitu Snapdragon 860 (2,96 GHz) untuk Xiaomi Pad 5 dan Snapdragon 870 (3,2 GHz) untuk Xiaomi Pad 5 Pro.

Baca juga: Xiaomi Redmi 10 Resmi Masuk Indonesia, Ini Harganya

Lalu, kamera belakang Xiaomi Pad 5 Pro juga ada dua, alih-alih hanya satu seperti model reguler, terdiri dari kamera utama 50 MP (varian 5G)/13 MP (varian WiFi), serta kamera tambahan berupa kamera depth sensor 5 MP.

Fitur pembeda lainnya adalah komponen speaker yang terdiri dari delapan buah di model Pro, dua kali lipat lebih banyak dari model biasa, serta baterai dengan kapasitas 8.600 mAh (fast charging 67 watt) untuk Pad 5 Pro dan 8.720 mAh (fast charging 22,5 watt di Xiaomi Pad 5.

Terakhir, Xiaomi Pad 5 Pro tersedia dalam varian 5G dan Wi-Fi, sedangkan Xiaomi Pad 5 model biasa hanya tersedia dalam varian Wi-Fi only  saja tanpa koneksi seluler.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.