6 Tips agar Ponsel Android Lawas Tidak Lemot

Kompas.com - 20/09/2021, 16:08 WIB
Ilustrasi smartphone digenggam. Alltechbuzz.netIlustrasi smartphone digenggam.

KOMPAS.com - Seiring berjalannya waktu, performa sebuah ponsel Android seringkali terasa semakin lambat dan menurun. Kondisi tersebut tentu bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Tak jarang, performa ponsel Android yang menurun menjadi pemicu banyak orang untuk membeli perangkat baru yang lebih mutakhir. Namun, untuk mendapatkan perangkat dengan spesifikasi mumpuni, dibutuhkan juga kocek yang lebih besar.

Nah, bagi Anda yang memiliki ponsel Android lawas dengan performa yang mulai lambat, ada sejumlah tips yang bisa Anda lakukan.

Berikut ini adalah 6 tips ringan untuk mengatasi ponsel Android lawas agar tidak lemot, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Life Hacker, Senin (20/9/2021).

1. Perbarui OS secara berkala

Pastikan ponsel Android yang Anda pakai sudah diperbarui (update) ke sistem operasi (OS) versi terbaru. Biasanya, OS terbaru akan meningkatkan performa ponsel menjadi lebih cepat.

Langkah untuk memperbarui OS bervariasi tergantung dari masing-masing merek ponsel. Namun, biasanya Anda bisa meng-update OS dengan cara masuk ke menu "Settings" > "About Phone" > "Software Update". Setelah itu, klik tombol "Check for Updates".

Apabila menemukan pembaruan, segera unduh dan pasang ke ponsel Anda dengan cara meng-klik tombol "Download and Install" pada menu yang tersedia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Harga Smartphone Diprediksi Makin Mahal, Pilihan Makin Sedikit

2. Update aplikasi yang berjalan lambat

Usahakan Anda selalu memperbarui aplikasi yang sekiranya berjalan lembat agar kinerja aplikasi tersebut tetap kencang.

Selain memperbaiki kinerja, pembaruan aplikasi biasanya juga menyalurkan berbagai fitur baru. Pembaruan aplikasi bisa dilakukan melalui toko Google Play Store.

3. Matikan animasi

Tampilan animasi yang dimatikan atau dipercepat bisa meningkatkan performa ponsel Android secara visual. Untuk mematikan animasi, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Halaman:


Sumber Lifehacker
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.