Indeks Kebebasan Internet di Indonesia Kembali Turun, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 22/09/2021, 13:14 WIB
Ilustrasi internet. Dok. SHUTTERSTOCKIlustrasi internet.

KOMPAS.com - Organisasi non-profit Freedom House kembali merilis laporan kebebasan internet dunia untuk tahun 2021. Dalam laporan tersebut, indeks kebebasan internet di Indonesia kembali menurun dari tahun lalu.

Indonesia mendapat skor 48 dari maksimal 100 poin, menurun satu angka dari tahun lalu yang meraih skor 49. Di wilayah Asia Pasifik, Indonesia menempati urutan ke-10 dari total 17 negara.

Dengan skor tersebut, Indonesia masuk kategori partly free atau "bebas sebagian", masih sama seperti beberapa tahun belakang.

Catatan indeks kebebasan internet Indonesia selama beberapa tahun ke belakang memang terus menurun. Hanya pada 2018 skor kebebasan internet di Indonesia sempat naik.

Pada 2016, Indonesia mendapat skor cukup tinggi, yakni 56. Kemudian pada 2017, skor tersebut turun menjadi 53.

Pada 2018, Skor itu itu sempat naik satu angka menjadi 54, namun, turun kembali ke angka 51 pada 2019. Penurunan berlanjut hingga tahun 2020 dengan raihan skor 49 dan 2021 dengan skor 48.

Baca juga: Benarkah Revisi UU ITE Mengancam Kebebasan Berekspresi?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penyebab

Laporan Freedom House, mencatat adanya sejumlah faktor yang berpengaruh terhadap merosotnya indeks kebebasan internet di Indonesia.

Salah satunya adalah pemberlakuan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No.5 Tahun 2020 (Permenkominfo 5/2020) tentang Penyelenggara Sistem Elektronik.

Aturan ini, diundangkan pada November 2020 dan berlaku efektif mulai 24 Mei 2021. Regulasi tersebut mengatur hal-hal tentang penyelenggaraan sistem elektronik, seperti pendaftaran, tata kelola moderasi informasi atau dokumen elektronik, dan permohonan pemutusan akses atas informasi/dokumen yang dilarang.

Seperti yang tercantum dalam Pasal 2 ayat 1 Permenkominfo 5/2020, setiap PSE Lingkup Privat yang ada di Indonesia memang diwajibkan untuk mendaftarkan diri, sebelum layanannya bisa digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.