Kompas.com - 21/09/2021, 21:47 WIB
ilustrasi iOS 15 CNETilustrasi iOS 15
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Setelah diumumkan di gelaran Worldwide Developer Conference (WWDC) pada Juni lalu, iOS 15 kini sudah bisa dijajal oleh sejumlah pengguna iPhone yang kompatibel.

Sebagai suksesor iOS 14, iOS 15 hadir dengan membawa sejumlah perubahan hingga peningkatan fitur-fitur baru.

Baca juga: iOS 15 Sudah Bisa Di-download di Indonesia

Beberapa di antaranya seperti kemampuan untuk membagikan tautan (link) panggilan video FaceTime, hadirnya fitur Live Text yang bisa menyalin teks dari gambar, pembaruan aplikasi Apple Maps, Wallet, Weather, dan Siri, dan masih banyak lagi.

Selengkapnya, berikut ini 15 fitur baru yang hadir di iOS 15, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GadgetsNow, Selasa (21/9/2021).

1. Tampilan baru untuk notifikasi

Notifications di iOS 15Apple Insider Notifications di iOS 15

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apple mengubah tampilan notifikasi di iOS 15. Ikon aplikasi kini tampak lebih besar. Pengguna juga bisa menambahkan foto untuk kontak sehingga wajahnya akan ikut ditampilkan dalam notifikasi.

Baca juga: Daftar iPhone yang Kebagian iOS 15

2. Bisa melacak AirPods Pro dan AirPods Max jika hilang

Pengguna iOS 15 kini bisa melacak lokasi terakhir AirPods Pro atau AirPods Max mereka jika hilang. Melalui koneksi bluetooth, nantinya pengguna bisa mengetahui keberadaan AirPods mereka dengan bantuan suara.

3. Focus Up

Focus Mode di iOS 15The Verge Focus Mode di iOS 15

Dengan menggunakan Focus Up, pengguna dapat menyortir notifikasi yang masuk, seperti panggilan telepon, SMS, e-mail, dan lainnya, berdasarkan profil Focus yang sedang digunakan.

Pengguna dapat terlebih dahulu mengatur beragam jenis notifikasi yang dapat ditampilkan atau yang ditolak pada setiap profil Focus.

Baca juga: Lakukan Hal Ini Sebelum Update iPhone ke iOS 15

Sebagai contoh, seorang pengguna sedang mengaktifkan profil Focus dalam mode "Personal". Pada profil ini, pengguna telah mengatur untuk tidak menerima notifikasi dari aplikasi yang bersangkutan dengan pekerjaan.

Jika Focus Mode diaktifkan, maka mode ini juga akan secara otomatis diterapkan untuk perangkat iPad atau Apple Watch yang terhubung dengan iPhone pengguna.

4. Tampilan baru Safari

Tampilan baru browser Safari di iOS 15.The Verge Tampilan baru browser Safari di iOS 15.

Safari kini memiliki tab bar yang diperkecil yang berada di bagian bawah layar. Tab ini bisa digeser secara cepat jika pengguna ingin membuka sejumlah tab lainnya.

Pengguna juga dapat membuat Grup Tab yang nantinya bisa dimasukkan ke dalam folder, sehingga tab tersebut bisa diakses di lain waktu.

Halaman:


Sumber GadgetsNow
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.