Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset Opensignal: Kecepatan Download 4G Telkomsel Makin Kencang

Kompas.com - 24/09/2021, 10:01 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan riset jaringan mobile OpenSignal merilis laporan terbaru seputar operator seluler Telkomsel yang baru-baru ini melakukan penataan frekuensi (refarming) 3G di pita n1 (2100 MHz). 

Berdasarkan riset yang dilakukan pada periode 4 Januari - 30 Agustus tersebut, OpenSignal mengatakan ada peningkatan kecepatan unduh (download) rata-rata 4G Telkomsel dari 40 kota besar di Indonesia. 

Adapun kecepatan download rata-rata layanan 4G operator seluler pelat merah tersebut, yang dicatat OpenSignal per bulan Agustus kemarin, mencapai angka 21,6 Mbps, meningkat 16,8 persen dibanding Januari lalu yang hanya mentok di 18,5 Mbps.

Menurut OpenSignal, peningkatan ini berkat proses refarming Telkomsel yang telah dilakukan setelah Januari hingga akhir Agustus 2021 lalu.

Grafik yang menunjukkan proses refarming 3G ke 4G Telkomsel di lebih banyak kota di Indonesia.OpenSignal Grafik yang menunjukkan proses refarming 3G ke 4G Telkomsel di lebih banyak kota di Indonesia.

Pada periode itu, Telkomsel disebut telah melakukan proses refarming jaringan 3G (2x5 MHz) ke 4G (10 MHz) di 25 kota lainnya di Indonesia, seperti Jakarta, Kota Bekasi, Depok, Padang, Samarinda, Surabaya, Pekanbaru, dan lain sebagainya.

Padahal pada awal Januari 2021, hanya ada 10 kota yang telah di-refarming 3G ke 4G oleh Telkomsel, mencakup Kota Bandung, Kota Tangerang, Kota Sukabumi, Kota Malang, Semarang, Surakarta, Palembang, Denpasar, dan lain sebagainya.

Baca juga: 4 Provinsi dengan Internet Seluler Terkencang di Indonesia

Dengan lebih banyaknya kota yang mendapatkan layanan 4G Telkosmsel yang optimal, wajar saja apabila kecepatan download rata-rata di jaringan 4G per akhir Agustus tadi meningkat dibanding awal Januari lalu.

Grafik yang menunjukkan kecepatan download rata-rata 3G dan 4G Telkomsel pada periode Januari-Agustus 2021.OpenSignal Grafik yang menunjukkan kecepatan download rata-rata 3G dan 4G Telkomsel pada periode Januari-Agustus 2021.

Untuk jaringan 3G sendiri, saat ini Telkomsel hanya mengandalkan satu saluran downlink dengan lebar pita 5 MHz yang diklaim OpenSignal cukup untuk mengakomodir jaringan 3G Telkomsel.

Adapun kecepatan download rata-rata 3G Telkomsel pada periode yang sama dengan 4G tadi, lanjut OpenSignal, tak mengalami peningkatan signifikan, di mana tercatat di angka 7,6 Mbps pada akhir Agustus lalu, naik dari 6,9 Mbps pada awal Januari lalu.

Hasil riset selengkapnya mengenai efek refarming 3G Telkomsel pada kecepatan unduh layanan 4G operator seluler tersebut bisa disimak di tautan berikut ini.

Baca juga: Riset Speedtest: 4G Telkomsel Tercepat, Smartfren Terluas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com