Singtel Beri Diskon Harga untuk Ganti Rugi Gangguan Internet, Telkom Indihome Bagaimana?

Kompas.com - 24/09/2021, 15:16 WIB
Ilustrasi Indihome: Cara daftar Indihome, cara bayar Indihome dan call center Indihome Doc. Telkom IndonesiaIlustrasi Indihome: Cara daftar Indihome, cara bayar Indihome dan call center Indihome

KOMPAS.com- Pada 8 Juni lalu, pelanggan Singtel melaporkan adanya gangguan yang membuat mereka kesulitan terkoneksi dengan internet.  Singtel menyebut setidaknya ada tiga persen pelanggan broadband tedampak gangguan yang berlangsung lebih dari 12 jam ini.

Atas gangguan tersebut, Singtel memberikan kompensasi berupa diskon sebesar 10 persen untuk paket berlangganan pada bulan Juli bagi pelanggan terdampak gangguan.

Baca juga: Internet IndiHome dan Telkomsel Gangguan, Ini Penyebabnya

Selain itu, mereka yang memiliki paket berlangganan mobile Singtel dan menerima SMS pemberitahuan dari perusahaan juga akan dibebaskan dari biaya data seluler lokal di hari terjadinya gangguan, yakni pada 8 juni 2021, sebagaimana dirangkum dari Straits Times.

Dihimpun KompasTekno dari Straits Times, Jumat (24/9/2021), untuk normalisasi layanan, Singtel mengklaim segera melakukan perbaikan dan layanan berangsur pulih di petang hari. Meskipun beberapa pelanggan mengaku masih mendapati gangguan pada malam hari.

Singtel merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Singapura, layaknya PT Telkom di Indonesia. Pada tahun 2020, jumlah pelanggannya di Singapura mencapai lebih dari 4 juta pengguna dari total populasi Singapura yang mencapai lebih dari 5 juta jiwa.

Baca juga: Mengenal Kabel Laut Jasuka, Sumber Gangguan Internet Telkom IndiHome

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dulu, Singtel merupakan milik pemerintah namun dialihkan ke swasta pada tahun 1992. Saat ini, sebagian besar saham dilimiki oleh Temasek Holdings, perusahaan investasi milik Singapura.

Singtel diketahui juga berinvestasi di Indonesia dengan memiliki 35 persen saham Telkomsel, anak perusahaan PT Telkom. Singtel menjadi investor terbesar kedua Telkomsel setelah PT Telkom yang memegang 65 persen.

Membandingkan kompensasi Singtel dan Telkom

Sementara itu, pada Minggu (19/9/2021), masalah pada sistem komunikasi kabel laut Jasuka (Jawa, Sumatera, dan kalimantan) ruang Batam-Pontianak menyebabkan gangguan layanan pelanggan PT Telkom Indonesia, termasuk Indihome dan Telkomsel.

Gangguan dirasakan pelanggan di berbagai wilayah di Indonesia dan berlangsung berhari-hari semenjak awal kejadian.

Baca juga: Gangguan Hari ke-5, Pengguna IndiHome Masih Keluhkan Internet Bermasalah

Berbeda dari Singtel yang memberikan potongan harga langganan 10 persen, Telkom menjanjikan kompensasi berupa pengunduran batas pembayaran hingga tanggal 25 September 2021 dan kebijakan bebas denda.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.