Apple "Putar Balik", Kembalikan MagSafe dan Hapus Touch Bar di MacBook Pro 2021

Kompas.com - 19/10/2021, 12:13 WIB
Ilustrasi Macbook Pro 2021 14 inci dan 16 inci. AppleIlustrasi Macbook Pro 2021 14 inci dan 16 inci.

KOMPAS.com - Apple resmi memperkenalkan MacBook Pro terbarunya dalam ajang bertajuk "Unleashed" yang digelar pada Senin (18/10/2021) malam WIB. MacBook Pro 2021 diperkenalkan dalam dua model ukuran layar yakni 14,2 inci dan 16,2 inci.

Desain jajaran MacBook Pro 2021 ini pun mencuri perhatian. Sebab, untuk pertama kalinya Apple membubuhkan poni alias notch di bagian atas layar MacBook.

Poni tersebut mirip seperti yang dimiliki iPhone. Poni tersebut memuat kamera FaceTime yang kini beresolusi 1080p dengan sensor gambar yang lebih besar, dan chip pengolah gambar (ISP) untuk memproses hasil foto atau video.

Selain poni, Apple terkesan memilih untuk "putar balik" dengan mengembalikan fitur yang hilang di MacBook Pro versi sebelumnya, seperti konektor pengisi daya MagSafe dan modul card reader SDXC.

Di samping itu, Apple juga kini memilih melenyapkan fitur yang selama 5 tahun belakangan ini selalu ada di jajaran MacBook Pro, yaitu panel Touch Bar.

Baca juga: Apple Luncurkan MacBook Pro 14 Inci dan 16 Inci Terbaru dengan Layar Berponi

Kembalinya MagSafe dan Card Reader

Ilustrasi pengisi daya MagSafe 3 di sisi sebelah kiri Macbook Pro 2021.Apple Ilustrasi pengisi daya MagSafe 3 di sisi sebelah kiri Macbook Pro 2021.
Selama enam tahun ke belakang, Apple disebut-sebut lebih mengedepankan aspek desain dengan bodi mulus dan tipis pada jajaran MacBook Pro miliknya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena itulah, saat meluncurkan MacBook Pro 2016, Apple memilih memangkas sebagian besar lubang konektor yang sebelumnya ada di bodi laptopnya. Misalnya, menggantikan
konektor pengisi daya MagSafe dengan USB Type-C.

Lalu, Apple juga menghapus SD card reader. Ketika itu, hilangnya slot ini banyak dikritik karena sebenarnya masih dibutuhkan oleh para fotografer untuk transfer data.

Tapi, di tahun 2021 ini, Apple "putar balik" dan mengembalikan fitur yang sebelumnya hilang, yakni port MagSafe dan SD card reader di MacBook Pro 2021.

Dengan kembalinya port MagSafe ke lini MacBook Pro maka pengguna harus melakukan pengisian daya dengan kabel adapter MagSafe, tak lagi menggunakan kabel USB Type-C.

Halaman:


Sumber Wired
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.