Update Google Search di Android dan iPhone, Pengguna Diminta Terus "Scrolling"

Kompas.com - 19/10/2021, 11:05 WIB
Ilustrasi Google Search di mobile. BGR.comIlustrasi Google Search di mobile.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Google mengumumkan pembaruan teranyar untuk layanan mesin pencari Google Search di perangkat mobile. Dalam pembaruan ini, informasi hasil pencarian Google Search ditampilkan dalam bentuk continous scrolling.

Dengan bentuk continous scrolling ini hasil pencarian di Google Search tidak lagi dibagi per halaman. Tampilan continous scrolling ini mirip dengan media sosial di mana pengguna bisa terus menggulirkan hasil pencarian ke bawah tanpa henti.

Sebelumnya, hasil pencarian Google sendiri akan dibagi per halaman dan pengguna harus meng-klik halaman selanjutnya atau tombol "See more" untuk melihat hasil pencarian berikutnya.

Baca juga: Google Hapus Aplikasi Pinjol Ilegal dari Play Store jika Diminta Pemerintah

Adapun hasil pencarian di laman selanjutnya nantinya bakal bisa dilihat dan dimuat secara otomatis, ketika pengguna sudah menggulirkan layar hingga ke paling bawah.

"Sekarang, ketika Anda mencapai bagian bawah halaman hasil pencarian di ponsel Anda, rangkaian hasil berikutnya akan dimuat secara otomatis dengan informasi yang relevan," ungkap Niru Anand, Product Manager Google Search, melalui blog resminya.

Selain mengklaim konten atau hasil pencarian yang akan ditampilkan bakal lebih relevan dengan kata kunci yang pengguna cari, Google juga mengatakan pengalaman pencarian di Search akan lebih mulus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fitur ini sendiri, menurut Google, dihadirkan lantaran pengguna mobile biasanya mendapatkan informasi yang mereka cari pada laman pertama hasil pencarian.

Selain itu, sebagian pengguna yang ingin mencari informasi lebih juga diklaim cenderung menelusuri hingga setidaknya empat halaman berikutnya.

Baca juga: Google Ingin seperti Twitter, Jadi Tempat Orang Cari Breaking News

Sehingga, menampilkan banyak laman di fitur Google Search, terutama di smartphone, tampaknya kurang begitu efisien.

Fitur scrolling tanpa henti kini sudah digulirkan secara bertahap di sebagian besar hasil pencarian berbahasa Inggris di Amerika Serikat, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari BlogGoogle, Selasa (19/10/2021).

Belum diketahui kapan fitur atau pengalaman menelusuri hasil pencarian terbaru ini bisa dirasakan pengguna Indonesia. Kita nantikan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.