Jelang IPO, GoTo Dapat Kucuran Dana Rp 5,7 Triliun dari Abu Dhabi

Kompas.com - 21/10/2021, 14:04 WIB
Ilustrasi GoTo. GoToIlustrasi GoTo.

KOMPAS.com - Entitas gabungan Gojek dan Tokopedia, GoTo mendapat kucuran dana segar menjelang agenda penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO).

GoTo mendapat suntikan dana dari Abu Dhabi Investment Authority (ADIA) sebesar 400 juta dollar AS atau sekitar Rp 5,7 triliun.

ADIA merupakan lembaga sovereign wealth fund (SWF) yang dimiliki oleh Pemerintah Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Sebagai informasi, menurut International Monetary Fund (IMF), lembaga SWF adalah dana investasi khusus yang dimiliki pemerintah untuk mengakuisisi atau menguasai aset-aset asing dengan tujuan jangka panjang.

Baca juga: Dari Google hingga Telkomsel, Ini Daftar Investor yang Sokong GoTo

Pihak GoTo mengatakan telah menyetujui anak perusahaan ADIA untuk memimpin putaran pendanaan pra-IPO dengan nilai tersebut.

Kucuran dana yang diberikan kepada GoTo disebut sebagai transaksi investasi utama perdana bagi Departemen Ekuitas Swasta ADIA, di bisnis teknologi di Asia Tenggara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Transaksi ini juga diklaim sebagai investasi terbesar yang pernah dilakukan ADIA di Indonesia hingga saat ini. Investasi ini juga sekaligus menambah panjang daftar investor GoTo.

Selain ADIA, perusahaan besar global lain, seperti Alibaba Group, SoftBank, Facebook, Google, dan Astra International sudah lebih dulu menjadi penyokong GoTo.

"Investasi untuk GoTo ini sejalan dengan sejumlah tema kunci investasi kami, termasuk pertumbuhan ekonomi digital di pasar yang sedang berkembang pesat di Asia Tenggara," kata Hamad Shahwan Al Dhaheri, eksekutif direktur Departemen Ekuitas Swasta ADIA.

"Kami melihat potensi yang kuat di regional ini, khususnya di Indonesia, di mana latar belakang ekonomi yang dinamis mendorong ADIA untuk terus memperkuat kehadirannya," imbuh Al Dhaheri, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Nikkei Asia, Kamis (21/10/2021).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.