Dari Google hingga Telkomsel, Ini Daftar Investor yang Sokong GoTo

Kompas.com - 18/05/2021, 11:01 WIB
Ilustrasi GoTo. GoToIlustrasi GoTo.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Gojek dan Tokopedia resmi berada di bawah satu payung grup perusahaan baru yang bernama GoTo.

Nama ini adalah singkatan dari "Gojek" dan "Tokopedia", sekaligus melambangkan semangat gotong royong yang melandasi penggabungan kedua perusahaan tersebut, yaitu "Go Far, Go Together".

Grup GoTo sendiri disokong oleh sejumlah investor kenamaan (blue-chip), dua di antaranya adalah Alibaba dan Tencent.

Baca juga: Mengenal GoTo, Payung Besar Penaung Gojek dan Tokopedia

Senior Vice President Alibaba Group, Michael Yao mengatakan penggabungan kedua perusahaan besar tersebut mampu membuka peluang untuk mempercepat digitalisasi di wilayah Asia Tenggara.

"Kami yakin bahwa dengan kolaborasi dua perusahaan terkemuka ini, mereka memiliki posisi yang kuat untuk menciptakan nilai tambah bagi karyawan, konsumen dan industri secara keseluruhan,” tutur Yao dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno.

Baca juga: Perusahaan Baru Gojek-Tokopedia, Valuasi Rp 257 Triliun, Kontribusi Rp 314 Triliun

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal serupa disampaikan oleh Chief Strategy Officer dan Senior Executive Vice President of Tencent, James Mitchell. Melalui GoTo, ia optimis bahwa Gojek dan Tokopedia mampu memberikan inovasi di ranah global yang berasal dari perusahaan lokal.

“Kami sangat senang dengan peluang yang diciptakan oleh GoTo," kata James.

"GoTo mengombinasikan kapabilitas Gojek dan Tokopedia yang saling melengkapi di layanan e-commerce, pengiriman dan pembayaran on-demand, serta membangun tim yang kuat untuk mendorong inovasi internet di tingkat regional dan global dari Indonesia," imbuh James.

Selain Alibaba dan Tencent, GoTo juga disebut telah mendapatkan "restu" dari beberapa investor Gojek dan Tokopedia lainnya, seperti Google, Facebook, Sequoia Capital, Temasek, hingga operator seluler "pelat merah" Telkomsel.

Baca juga: Telkomsel Kembali Kucurkan Dana ke Gojek Rp 4,3 Triliun

Selengkapnya, berikut daftar investor blue-chip yang menyokong grup GoTo, sebagaimana dihimpun dari keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (18/5/2021).

- Alibaba Group
- Astra International
- BlackRock
- Capital Group
- DST
- Facebook
- Google
- JD.com
- Kohlberg Kravis Roberts (KKR)
- Northstar
- Pacific Century Group
- PayPal
- Provident
- Sequoia Capital
- SoftBank Vision Fund 1
- Telkomsel
- Temasek
- Tencent
- Visa
- Warburg Pincus



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X