Konsumen Gojek Disebut Loyal Meski Tak Ada Promo

Kompas.com - 21/10/2021, 18:02 WIB

KOMPAS.com - Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) mengumumkan hasil riset yang mengkaji dampak platform digital Gojek terhadap pemulihan ekonomi nasional.

Berdasarkan riset tersebut, sebanyak 86 persen pengguna Gojek dinilai tetap setia menggunakan layanan dalam ekosistem Gojek, meski Gojek tidak memberikan promo atau potongan harga.

Hal tersebut dipaparkan oleh Peneliti LD FEB UI, Alfindra Primaldhi dalam sebuah acara konferensi pers yang digelar online, Kamis (21/10/2021).

Baca juga: Riset: Gojek Sumbang Rp 249 Triliun untuk Ekonomi Indonesia 2020

Menurut Alfindra, tingkat loyalitas yang ditunjukkan oleh konsumen Gojek telah melampaui loyalitas terhadap promo.

"Mayoritas konsumen yang pernah menggunakan layanan Gojek, lebih sering atau selalu menggunakan layanan Gojek dibandingkan layanan serupa, meskipun tanpa promo," jelas Alfindra.

Grafis yang menunjukkan tingkat loyalitas pengguna Gojek terhadap layanan yang ditawarkan dalam ekosistem Gojek.Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) Grafis yang menunjukkan tingkat loyalitas pengguna Gojek terhadap layanan yang ditawarkan dalam ekosistem Gojek.

Lebih lanjut, Alfindra turut memaparkan kebiasaan konsumen Gojek yang juga lebih sering/selalu menggunakan layanan Gojek dibandingkan layanan serupa yang tawarkan kompetitor.

Kebiasaan tersebut dibagi berdasarkan jenis layanan yang tersedia dalam ekosistem Gojek yang mencakup GoFood, GoCar, GoRide, GoSend, dan Go Mart.

Baca juga: Jelang IPO, GoTo Dapat Kucuran Dana Rp 5,7 Triliun dari Abu Dhabi

Menurut hasil riset LD FEB UI, tingkat loyalitas yang ditunjukkan konsumen Gojek cenderung paling tinggi pada layanan GoFood 90 persen, diikuti oleh GoCar 89 persen, dan GoRide 81 persen.

Sementara layanan pengiriman antar barang GoSend mencapai 77 persen dan layanan belanja GoMart sebesar 67 persen.

Responden Gojek yang mengaku turut merekomendasikan layanan yang telah mereka gunakan kepada orang lain.Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) Responden Gojek yang mengaku turut merekomendasikan layanan yang telah mereka gunakan kepada orang lain.

Tidak hanya setia, konsumen Gojek bahkan tidak sungkan untuk merekomendasikan layanan yang telah mereka gunakan kepada orang lain.

Layanan tersebut termasuk GoFood (89 persen), GoCar (84 persen), GoMart (83 persen), GoRide (83 persen), dan GoSend (82 persen).

Baca juga: Menkominfo: Merger Gojek dan Tokopedia Harus Angkat Ekonomi Digital

Riset yang dilakukan oleh LD FEB UI melibatkan 47.218 responden yang terdiri dari GoRide (10.837 mitra), GoCar (9.756 mitra), GoSend dan GoKilat (7.228 mitra), GoFood (4.363 mitra yang menggunakan GoBiz), social seller (1.728 mitra), dan konsumen sebanyak 8.559 orang.

Sebanyak 95 persen dari mayoritas responden tersebut tersebar di 21 kota, yakni Manado, Samarinda, Balikpapan, Pekanbaru, Makassar, Palembang, Lampung, Medan, Denpasar, Solo, Tangerang Selatan, Depok, Semarang, Malang, Bogor, Yogyakarta, Tangerang, Bekasi, Surabaya, Bandung, dan Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.