Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Play Points Hadir di Indonesia, Beli Aplikasi di Play Store Bisa Dapat "Imbalan"

Kompas.com - 05/11/2021, 18:29 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada kabar baik untuk pengguna Android yang rajin melakukan pembelian di Google Play Store. Google kini resmi membawa program Play Points ke Indonesia. 

Head of Brand & Reputation Marketing Google Indonesia, Muriel Makarim, mengatakan melalui program Google Play Points ini pengguna Android yang sering melakukan transaksi di Play Store akan mendapat "imbalan".

Sesuai dengan namanya, imbalan tersebut berupa poin yang dapat dikumpulkan dan digunakan kembali untuk belanja di toko aplikasi Google Play Store.

Kehadiran Google Play Points, menurut Muriel, merupakan sebuah bentuk apresiasi Google kepada para pengguna yang berada di wilayah Indonesia.

Muriel mengatakan, hadirnya program Google Play Points di Indonesia dipicu oleh besarnya minat pengguna pada kategori hiburan, terutama game.

Baca juga: Google Bisa Tahu Password Pengguna yang Pernah Dibobol

"Melihat betapa besarnya growing dari game dari aplikasi secara general di Indonesia, kami dari Google ingin memberikan sesuatu yang berguna kepada pengguna, dan ini adalah program baru kami bernama Google Play Points," ungkap Muriel dalam acara peluncuran yang digelar secara online, Jumat (5/11/2021).

Muriel memberikan contoh fungsi dan kegunaan dari poin tersebut.

Menurut Muriel, Google Play Points nantinya dapat digunakan untuk beragam transaksi seperti membeli item khusus dalam aplikasi, termasuk kupon, skin, hingga bundle eksklusif dalam game.

Muriel pun menegaskan bahwa poin ini tidak hanya bisa digunakan untuk membeli item berhubungan dengan game, tetapi juga film, atau buku, atau program langganan.

"Program ini mencakup semua jenis aplikasi di Google Play Store, termasuk game, film, atau buku. Pokoknya semua yang tersedia di Google Play Store," kata Muriel.

Cara daftar

 

Cara menggunakan Google Play Points.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara menggunakan Google Play Points.
Untuk menikmati program Google Play Points, pengguna wajib mendaftar terlebih dahulu.

Caranya, buka aplikasi Google Play Store dan tekan foto profil akun yang terletak di pojok kanan aplikasi. Selanjutnya pilih opsi Play Points dan tekan tombol Join for Free.

Setelah bergabung, pengguna bisa melihat Google Play Points yang telah dikumpulkan pada sub-menu Earn dan tekan Use untuk melihat reward yang bisa ditukarkan.

Baca juga: Ciri-ciri Password yang Mudah Ditebak Menurut Google

Empat level

Pengguna yang tergabung dalam program Google Play Points akan terbagi menjadi empat level yang berbeda, yakni Bronze, Silver, Gold, dan Platinum.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com