RRQ Lemon Ungkap Gaji Atlet E-Sports Mobile Legends, Bisa Dapat Miliaran Rupiah dari Turnamen

Kompas.com - 26/11/2021, 13:33 WIB
Muhammad Lemon Ikhsan, pemain e-sports Mobile Legends. YouTube.com/Deddy CorbuzierMuhammad Lemon Ikhsan, pemain e-sports Mobile Legends.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Atlet dari sebuah cabang olahraga biasanya mendapatkan uang dari memenangkan sebuah pertandingan, begitu juga atlet atau pemain profesional di bidang olahraga elektronik (e-sports).

Namun, selain dari memenangkan kompetisi, seorang atlet e-sports, atau orang biasa yang gemar bermain game, ternyata bisa mendapatkan penghasilan dari sumber lain. 

Hal itu diungkapkan seorang atlet e-sports dari game Mobile Legends, Muhammad Ikhsan, dalam sebuah sesi bincang-bincang yang dikemas dalam sebuah video podcast bersama YouTuber kenamaan, Deddy Corbuzier.

Ikhsan sendiri lebih banyak dikenal dengan nama panggung "Lemon" atau "RRQ Lemon" dari tim RRQ Hoshi.

"(Zaman) sekarang berbeda. Kini orang bisa mendapatkan uang dari bermain game, menjadi streamer, kreator konten, dan lain-lain," kata RRQ Lemon, dikutip KompasTekno dari kanal YouTube Deddy Corbuzier, Jumat (26/11/2021).

Di samping turnamen atau "bonus" dari melakukan live streaming, sponsor, dan lain sebagainya, penghasilan seorang pemain e-sports, lanjut Lemon, juga bisa didapatkan dari manajemen atau tim yang menaungi si pemain itu sendiri.

Baca juga: Update Mobile Legends 1.6.34 Bawa Hero Valentina, Ini Kemampuannya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau masuk tim e-sports, itu sudah ada kontraknya, dan sudah digaji (per bulan), dan (mendapatkan) segala macam hal lainnya," imbuh RRQ Lemon.

RRQ Lemon, tidak mengumbar berapa besaran gaji yang ia dapatkan per bulan dari pihak manajemen. Namun, ia menyebut jumlahnya cukup besar.

"Lumayan besar (gajinya) kalau hitungan di Indonesia. Besarannya berbeda-beda setiap pemain berdasarkan faktor kemampuan mereka, serta tingkat popularitasnya," klaim Lemon.

Hadiah besar dari turnamen

Tim RRQ Hoshi juara MPL ID musim ke-6.TeamRRQ Tim RRQ Hoshi juara MPL ID musim ke-6.
Pria berusia 22 tahun itu lanjut menjelaskan, uang yang didapatkan dari turnamen e-sports sendiri terbilang cukup besar.

Halaman:


Sumber YouTube
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.