Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Sediakan Pinjaman Rp 20 Juta untuk Perempuan Pelaku UMKM Indonesia

Kompas.com - 02/12/2021, 13:32 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada 2020, Google meluncurkan program "Small Business Resilience Fund" untuk membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19.

Bantuan tersebut memiliki nilai 10 juta dollar AS (sekitar Rp 147 miliar) dan penyalurannya dibantu oleh organisasi non-profit internasional yang biasa memberikan peminjaman modal usaha berupa uang lewat internet, Kiva.

Kini, dalam gelaran "Google for Indonesia 2021", Google mengumumkan bahwa Kiva bakal menggelontorkan 3,5 juta dollar AS (sekitar Rp 50 miliar) dari 10 juta dollar AS tadi kepada koperasi simpan pinjam lokal, Koperasi Mitra Dhuafa (Komida).

Nantinya, Komida bakal menyalurkan lagi dana puluhan miliar rupiah tersebut kepada perempuan pelaku UMKM di berbagai pelosok daerah di Indonesia, tetapi sebagai modal pinjaman usaha dengan bunga yang rendah.

Baca juga: Google Bagikan 10.000 Pelatihan TI Gratis untuk Indonesia

"Mulai hari ini, pengusaha perempuan berpenghasilan rendah dapat mulai mengajukan permohonan pinjaman lewat Komida," ujar Marketing Director Google dan YouTube Indonesia, Filipina, dan Asia Tenggara, Veronica Utami dalam acara virtual yang digelar pada Kamis (2/12/2021).

Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati dalam acara Google for Indonesia yang digelar virtual, Kamis (2/12/2021).KOMPAS.com/BILL CLINTEN Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati dalam acara Google for Indonesia yang digelar virtual, Kamis (2/12/2021).

Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati juga menyampaikan apresiasinya terkait bantuan Google kepada UMKM ini.

“Kolaborasi Google dan KIVA, termasuk dengan Komida, telah menyalurkan bantuan pembiayaan dengan bunga rendah dengan nilai 10 juta dollar AS atau Rp 147 miliar," kata Sri Mulyani di kesempatan yang sama.

"Angka ini memang kecil dibandingkan program pemerintah, yaitu Ultra Mikro (UMi) yang mencapai Rp 17 triliun, namun ini akan sangat membantu UMKM di Indonesia yang jumlahnya begitu besar," imbuh Sri Mulyani.

Sri Mulyani berharap bantuan dari pihak swasta ini bisa membantu memulihkan ekonomi Indonesia, terutama untuk pengembangan UMKM-nya, supaya mereka bisa bangkit dan pulih kembali setelah diterjang pandemi Covid-19.

Baca juga: Telkomsel Rilis Paket Khusus UMKM Mitra GoFood

Sekadar informasi, penyaluran dana Kiva ke Komida sendiri merupakan tahap awal dari serangkaian penyaluran dana Google kepada UMKM.

Ke depannya, pihak Google berencana untuk menggandeng sejumlah mitra terkait supaya seluruh dana bantuan UMKM 10 juta dollar AS tadi tersalurkan.

"Kami sangat berharap bantuan-bantuan ini akan menolong pemulihan UMKM di Indonesia, dan kami akan terus bermitra dengan berbagai partner lokal untuk memperluas jangkauan dana ini di seluruh Nusantara," pungkas Veronica.

Cara mengajukan pinjaman di Komida

Founder dan Managing Director Komida, Slamet Riyadi dalam Press Briefing Google for Indonesa, Kamis (2/12/2021).KOMPAS.com/BILL CLINTEN Founder dan Managing Director Komida, Slamet Riyadi dalam Press Briefing Google for Indonesa, Kamis (2/12/2021).

Nah, untuk mengajukan pinjaman di Komida, pertama-tama pengusaha perempuan harus mendaftarkan diri mereka di sejumlah cabang Komida yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Daftar lengkapnya bisa disimak di tautan berikut ini.

Para pendaftar sendiri bisa mengajukan pinjaman modal usaha bisnis mulai dari Rp 3 juta-Rp 20 juta dengan jangka waktu pengembalian selama 50 minggu.

Baca juga: TikTok Sediakan Platform Beriklan untuk UKM di Indonesia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com