Google Sediakan Pinjaman Rp 20 Juta untuk Perempuan Pelaku UMKM Indonesia

Kompas.com - 02/12/2021, 13:32 WIB

KOMPAS.com - Pada 2020, Google meluncurkan program "Small Business Resilience Fund" untuk membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19.

Bantuan tersebut memiliki nilai 10 juta dollar AS (sekitar Rp 147 miliar) dan penyalurannya dibantu oleh organisasi non-profit internasional yang biasa memberikan peminjaman modal usaha berupa uang lewat internet, Kiva.

Kini, dalam gelaran "Google for Indonesia 2021", Google mengumumkan bahwa Kiva bakal menggelontorkan 3,5 juta dollar AS (sekitar Rp 50 miliar) dari 10 juta dollar AS tadi kepada koperasi simpan pinjam lokal, Koperasi Mitra Dhuafa (Komida).

Nantinya, Komida bakal menyalurkan lagi dana puluhan miliar rupiah tersebut kepada perempuan pelaku UMKM di berbagai pelosok daerah di Indonesia, tetapi sebagai modal pinjaman usaha dengan bunga yang rendah.

Baca juga: Google Bagikan 10.000 Pelatihan TI Gratis untuk Indonesia

"Mulai hari ini, pengusaha perempuan berpenghasilan rendah dapat mulai mengajukan permohonan pinjaman lewat Komida," ujar Marketing Director Google dan YouTube Indonesia, Filipina, dan Asia Tenggara, Veronica Utami dalam acara virtual yang digelar pada Kamis (2/12/2021).

Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati dalam acara Google for Indonesia yang digelar virtual, Kamis (2/12/2021).KOMPAS.com/BILL CLINTEN Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati dalam acara Google for Indonesia yang digelar virtual, Kamis (2/12/2021).

Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati juga menyampaikan apresiasinya terkait bantuan Google kepada UMKM ini.

“Kolaborasi Google dan KIVA, termasuk dengan Komida, telah menyalurkan bantuan pembiayaan dengan bunga rendah dengan nilai 10 juta dollar AS atau Rp 147 miliar," kata Sri Mulyani di kesempatan yang sama.

"Angka ini memang kecil dibandingkan program pemerintah, yaitu Ultra Mikro (UMi) yang mencapai Rp 17 triliun, namun ini akan sangat membantu UMKM di Indonesia yang jumlahnya begitu besar," imbuh Sri Mulyani.

Sri Mulyani berharap bantuan dari pihak swasta ini bisa membantu memulihkan ekonomi Indonesia, terutama untuk pengembangan UMKM-nya, supaya mereka bisa bangkit dan pulih kembali setelah diterjang pandemi Covid-19.

Baca juga: Telkomsel Rilis Paket Khusus UMKM Mitra GoFood

Sekadar informasi, penyaluran dana Kiva ke Komida sendiri merupakan tahap awal dari serangkaian penyaluran dana Google kepada UMKM.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.