Kompas.com - 08/12/2021, 19:07 WIB
Ilustrasi layanan IoT Telkomsel. Dok TelkomselIlustrasi layanan IoT Telkomsel.

KOMPAS.com - Telkomsel menjalin kolaborasi bersama perusahaan konektivitas Peplink, untuk memperkuat layanan Telkomsel IoT, khususnya IoT Manage Service Connectivity.

Layanan IoT Manage SDWAN yang merupakan salah satu solusi end-to-end IoT Manage Service Connectivity Telkomsel IoT, bakal menggunakan solusi hardware dan software yang disediakan Peplink.

IoT Manage SDWAN memberikan kemudahan untuk integrasi dan operasional efisien bagi perusahaan secara real-time dengan berbagai fungsi yang spesifik.

Dengan dukungan hardware Peplink, seperti router 4G dan 5G, serta software Peplink, diharapkan layanan IoT Telkomsel memiliki konektivitas andal dalam kondisi penerapan yang menantang.

Baca juga: Riset Opensignal: Telkomsel Tercepat, Tri Unggul di Gaming

Lewat kerja sama ini, diharapkan lebih banyak lagi perusahaan-perusahaan di Indonesia yang menjalankan operasional sepenuhnya secara online, melalui pemanfaatan cloud dengan jaringan yang aman dan andal.

"Dengan didukung jaringan broadband 4G dan 5G, serta teknologi terdepan Peplink, kolaborasi ini akan mampu menghadirkan solusi yang lebih komprehensif, mencakup otomasi, keamanan jaringan hingga meningkatkan produktivitas,” kata Vice President Internet of Thing Telkomsel Alfian Manullang.

Sementara General Manajer Peplink, Keith Chau berharap dapat menciptakan lebih banyak use case yang luar biasa di pasar yang berkembang pesat di Indonesia.

Sejak tahun lalu, Telkomsel telah memanfaatkan router SD-WAN kabel dan nirkabel Peplink untuk menyediakan konektivitas aman dan andal yang dibutuhkan perusahaan, bahkan di lokasi yang sulit mendapatkan jaringan stabil sekalipun.

Pada tahun ini, Telkomsel telah mengimplementasikan IoT Managed SD-WAN yang sudah didukung oleh perangkat Peplink dengan sistem keamanan yang andal sehingga dapat diimplementasikan di sektor perbankan.

Baca juga: Telkomsel Luncurkan IoT Sphere, Software Penangkal Serangan Siber

Beberapa bank yang telah menggunakan layanan ini antara lain Bank BJB Syariah dan Bank Lampung, untuk meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.