Facebook dan Instagram Rilis Fitur Mirip Spotify Wrapped

Kompas.com - 10/12/2021, 08:57 WIB

KOMPAS.com - Fitur kilas balik kegiatan pengguna di aplikasi Spotify sepanjang tahun, alias Spotify Wrapped tampaknya menginspirasi beberapa platform untuk menghadirkan fitur serupa. 

Setelah YouTube Music, kini giliran Facebook dan Instagram yang menghadirkan fitur mirip "Year in Review".

Di aplikasi Facebook, pengguna bakal bisa melihat kolom "Year Together", di mana Facebook bakal merangkum sejumlah hal atau aktivitas pengguna di platform tersebut, yang dinilai penting oleh Facebook, sepanjang 2021.

Baca juga: YouTube Music Punya Fitur Rekap Tahunan Serupa Spotify Wrapped

 

Ilustrasi fitur Year Together.TechCrunch Ilustrasi fitur Year Together.

Kolom Year Together ini akan bisa dilihat di tampilan linimasa atau feed. Pengguna bisa memilih untuk membagikan momen berharga tersebut dengan meng-klik tombol "share".

Fitur serupa juga hadir di Instagram dengan nama "2021 Playback". Fitur Instagram 2021 Playback diumumkan seorang karyawan Meta bernama Alexandru Voica di sebuah unggahan Twitter.

Instagram 2021 Playback bakal ditemui pengguna di tampilan utama linimasa Instagram Feed mereka. Di sana, pengguna bakal bisa melihat semacam tampilan yang disertai dengan tombol "View Playback", sebagaimana ilustrasi gambar berikut.

Baca juga: Facebook Protect Tiba di Indonesia, Wajib Dipakai atau Akun Diblokir setelah 15 Hari

Ilustrasi fitur 2021 Playback di Instagram.TechCrunch Ilustrasi fitur 2021 Playback di Instagram.

Jika tombol tersebut di-klik, maka Instagram bakal memilih dan merangkum sejumlah postingan Instagram Stories milik pengguna yang menurut mereka menarik.

Meski demikian, pengguna juga bisa memilih sendiri momen yang mencerminkan tahun 2021 mereka untuk dijadikan kilas balik, setidaknya hingga 10 postingan Instagram Stories.

Setelah itu, pengguna bisa membagikan kilas balik Instagram versinya ke pengguna lainnya. Rangkuman momen pengguna di sepanjang tahun ini mengingatkan kita pada tren mengunggah sembilan foto Instagram dengan like terbanyak (top nine) alias "Best Nine".

Perlu dicatat, fitur 2021 Playback di Instagram ini hanya bisa diakses apabila pengguna telah mengunggah minimal tiga postingan Instagram Stories sepanjang tahun 2021, serta mengaktifkan fitur stories archive atau arsip cerita.

Baca juga: Bos Instagram Janji Kembalikan Fitur Lama yang Hilang Tahun Depan

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Jumat (10/12/2021), fitur Facebook Year Together dan Instagram "2021Playback" sudah digelontorkan Facebook dan Instagram mulai hari ini dan bakal bisa diakses selama beberapa minggu ke depan.

Dari pantauan KompasTekno, sebagian pengguna Instagram di Indonesia sudah mendapati fitur "2021 Playback" di beranda Instagram-nya.

Bagi pengguna yang belum bisa menemukan kedua fitur tersebut tampaknya harus bersabar sedikit. Sebab, fitur-fitur seperti ini biasanya disebar Facebook dan Instagram secara bertahap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.