YouTube Music Punya Fitur Rekap Tahunan Serupa Spotify Wrapped

Kompas.com - 03/12/2021, 15:34 WIB
Ilustrasi layanan streaming musik milik Google, YouTube Music. AndroidCentralIlustrasi layanan streaming musik milik Google, YouTube Music.

KOMPAS.com - Jika Spotify punya "Spotify Wrapped 2021", maka YouTube punya "Year in Music: 2021 Recap". Keduanya punya fungsi yang sama yakni merangkum aktivitas pendengar selama satu tahun ke belakang.

Keberadaan fitur rekap tahunan milik YouTube Music ini pertama kali terungkap oleh seorang pengguna forum Reddit. Dalam sebuah video, pengguna Reddit tersebut memperlihatkan tampilan fitur Year in Music: 2021 Recap.

Menurut video tersebut, fitur 2021 Recap mirip Spotify Wrapped 2021 ini dapat diakses pengguna melalui ikon akun profil yang terletak di sudut kanan atas layar.

Baca juga: Cara Buat Spotify Wrapped 2021

Pengguna bakal melihat opsi "2021Recap" lengkap dengan ikon tombol trek sebelumnya (previous track). Opsi ini berada di antara opsi "History" dan "Paid Membership".

Pihak YouTube pun membenarkan hal tersebut melalui akun Twitternya.

Menjawab permintaan dari warganet, melalui akun Twitter resminya dengan handle @TeamYouTube, YouTube mengonfirmasi bahwa fitur 2021Recap ini bakal segera hadir dalam waktu dekat. Fitur ini juga sedang dirilis secara bertahap.

Baca juga: Pendiri YouTube Protes Jumlah Dislike Disembunyikan

"YouTube Music Recap2021 akan segera hadir, jadi nantikan pengumuman atau pembaruan yang akan datang," tweet @TeamYouTube.

Sayangnya, pihak YouTube tidak memberikan detail timeline waktu rilis fitur yang sudah ditunggu-tunggu oleh penggunanya ini.

Tampilan Year in Music: 2021 Recap

YouTube Music bakal punya fitur rekap musik seperti Spotify WrappedReddit/ pythondrink YouTube Music bakal punya fitur rekap musik seperti Spotify Wrapped
Dalam video bocoran yang dibagikan, ketika opsi 2021Recap di klik, pengguna akan dibawa ke laman baru "Year in Music: 2021Recap".

Di sisi atas laman tersebut, pengguna terlihat disuguhkan sebuah video rekap yang bisa diputar. Isinya adalah lagu-lagu favorit pengguna selama satu tahun terakhir menggunakan YouTube Music.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.