Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Music Punya Fitur Rekap Tahunan Serupa Spotify Wrapped

Kompas.com - 03/12/2021, 15:34 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika Spotify punya "Spotify Wrapped 2021", maka YouTube punya "Year in Music: 2021 Recap". Keduanya punya fungsi yang sama yakni merangkum aktivitas pendengar selama satu tahun ke belakang.

Keberadaan fitur rekap tahunan milik YouTube Music ini pertama kali terungkap oleh seorang pengguna forum Reddit. Dalam sebuah video, pengguna Reddit tersebut memperlihatkan tampilan fitur Year in Music: 2021 Recap.

Menurut video tersebut, fitur 2021 Recap mirip Spotify Wrapped 2021 ini dapat diakses pengguna melalui ikon akun profil yang terletak di sudut kanan atas layar.

Baca juga: Cara Buat Spotify Wrapped 2021

Pengguna bakal melihat opsi "2021Recap" lengkap dengan ikon tombol trek sebelumnya (previous track). Opsi ini berada di antara opsi "History" dan "Paid Membership".

Pihak YouTube pun membenarkan hal tersebut melalui akun Twitternya.

Menjawab permintaan dari warganet, melalui akun Twitter resminya dengan handle @TeamYouTube, YouTube mengonfirmasi bahwa fitur 2021Recap ini bakal segera hadir dalam waktu dekat. Fitur ini juga sedang dirilis secara bertahap.

Baca juga: Pendiri YouTube Protes Jumlah Dislike Disembunyikan

"YouTube Music Recap2021 akan segera hadir, jadi nantikan pengumuman atau pembaruan yang akan datang," tweet @TeamYouTube.

Sayangnya, pihak YouTube tidak memberikan detail timeline waktu rilis fitur yang sudah ditunggu-tunggu oleh penggunanya ini.

Tampilan Year in Music: 2021 Recap

YouTube Music bakal punya fitur rekap musik seperti Spotify WrappedReddit/ pythondrink YouTube Music bakal punya fitur rekap musik seperti Spotify Wrapped
Dalam video bocoran yang dibagikan, ketika opsi 2021Recap di klik, pengguna akan dibawa ke laman baru "Year in Music: 2021Recap".

Di sisi atas laman tersebut, pengguna terlihat disuguhkan sebuah video rekap yang bisa diputar. Isinya adalah lagu-lagu favorit pengguna selama satu tahun terakhir menggunakan YouTube Music.

Bergeser sedikit ke bawah, pengguna YouTube Music disajikan data hasil rekap perilaku mendengarkan musiknya selama satu tahun terakhir. Mulai dari total durasi waktu streaming, genre playlist yang paling sering didengarkan, serta judul lagu yang paling sering diputar.

Hasil rekap itu juga bisa diunduh dan dibagikan ke platform lainnya, misalnya media sosial.

Di samping itu, YouTube Music juga menyajikan data soal lagu dan penyanyi baru yang berhasil ditemukan pengguna di YouTube Music.

Baca juga: Video YouTube Jenis Ini Tak Bisa Lagi Dimonetisasi Mulai Bulan Depan

Menurut laporan outlet media Android Police, pengguna juga bisa mengakses Year in Review: 2021Recap ini melalui tautan berikut ini.

Namun saat dicoba, tautan hanya akan mengalihkan pengguna ke halaman web YouTube Music lengkap dengan notifikasi berbunyi, "2021 Recap Anda telah tersedia di aplikasi".

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com