Kompas.com - 10/12/2021, 10:47 WIB

KOMPAS.com - Setiap akhir tahun, Google merilis data tentang topik apa saja yang paling banyak dicari orang di mesin pencari (search engine), Google.com. Di tahun ini, salah satu topik yang dirangkum adalah game yang paling banyak di-Googling sepanjang tahun 2021.

Data itu dihimpun dari pengguna Google secara global. Hasilnya, PopCat menjadi game yang paling banyak dicari tahun 2021.

Game ini mungkin masih agak terdengar asing. Tapi rupanya, PopCat mampu mengalahkan popularitas game kenamaan sekelas FIFA 22 atau Genshin Impact.

Sekilas tentang game PopCat, game ini memang sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu. Salah seorang Youtuber dengan nama Hans Chew, sempat mengunggah video bermain PopCat di kanalnya dan berhasil mendapat jumlah tontonan sebanyak 1,3 juta kali.

Baca juga: 9 Topik yang Banyak Dicari Netizen Indonesia di Google Search 2021

PopCat bukan tergolong game berat yang membutuhkan spesifikasi perangkat tinggi. Game ini juga tidak memiliki aplikasi khusus yang bisa diunduh lewat toko aplikasi macam Google Play Store atau App Store. PopCat merupakan game berbasis website yang bisa diakses di situs berikut ini.

Cara bermainnya pun sangat mudah. Anda hanya perlu meng-klik gambar kucing yang muncul di website itu sebanyak mungkin untuk memperoleh poin. Poin klik yang Anda dapatkan itu, akan diakumulasikan dengan perolehan poin dari pemain lain, yang satu negara dengan Anda.

Jadi, game ini seolah membuat kompetisi klik antar negara. Tidak banyak informasi yang dapat diperoleh di website dari PopCat, tampilannya hanya gambar kucing dan daftar peringkat negara dari jumlah klik yang diperoleh.

Game PopCat menjadi game paling banyak dicari warganet seluruh dunia.Kompas.com/ Zulfikar Hardiansyah Game PopCat menjadi game paling banyak dicari warganet seluruh dunia.

Melansir situs resmi University of Sheffield (9/12), PopCat dikembangkan oleh tiga orang mahasiswa ilmu komputer Universitas Sheffield di Inggris. Mereka adalah Joshua O'Sullivan, Edward Halis and Freddy Heppell.

Baca juga: 10 Topik Paling Banyak Di-googling Tahun 2021, Ada PeduliLindungi hingga BTS Meal

Trio ini mengungkap apabila game ini dikembangkan secara spontan. Mereka juga tidak pernah menyangka apabila game yang sudah dikembangkan sejak akhir 2019 ini, akan menjadi viral di media sosial.

Mereka menyebut jika awal mula pengembangan game ini dilandaskan pada kesenangan mereka pada meme. Gambar Kucing yang ada di PopCat sendiri diambil dari meme yang sudah banyak bertebaran di media sosial.

Untuk saat ini, total keseluruhan jumlah klik yang ada di website mencapai sekitar 567 miliar.
Saat berita ini ditulis, negara yang menduduki peringkat pertama PopCat adalah Hong Kong dengan perolehan lebih dari 121 miliar klik.

Baca juga: Link Live Streaming The Game Awards 2021 10 Desember

Sedangkan Indonesia berada di peringkat 14, dengan perolehan 2,5 miliar klik. Selain PopCat, terdapat game lain yang banyak dicari warganet di mesin pencarian Google. Berikut daftar game yang paling banyak dicari di Google sepanjang tahun 2021, dihimpun dari laman resmi Google:

  1. PopCat
  2. FIFA 22
  3. Battlefield 2042
  4. Monster Hunter Rise
  5. Resident Evil Village
  6. Genshin Impact
  7. Call of Duty: Vanguard
  8. Far Cry 6
  9. Madden NFL 22
  10. Metroid Dread
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.