Sejarah Harbolnas 12.12, Momen Belanja Online yang Tak Lagi "Spesial"

Kompas.com - 12/12/2021, 10:01 WIB

KOMPAS.com - Tanggal 12 Desember bisa dibilang merupakan tanggal spesial bagi masyarakat yang gemar berbelanja secara daring (online).

Sebab, tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), atau biasa dijuluki dengan "12.12" lantaran angka tanggal dan bulannya kembaran.

Untuk memeriahkan momen tersebut, berbagai platform e-commerce pun berlomba-lomba menghadirkan beragam promo, voucher diskon, dan lain sebagainya untuk mendulang "cuan" dan trafik di satu hari tersebut.

Baca juga: Cara Menggunakan Kartu Kredit untuk Belanja Online secara Aman

Nah, pernahkan terlintas di benak Anda bagaimana sebenarnya Harbolnas ini muncul?

Apakah hari "istimewa" tersebut merupakan tradisi atau hanya sebuah momen yang merupakan gimmick semata untuk menarik minat pengguna berbelanja online? Yuk, simak sejarah rbolnas berikut.

Sejarah Harbolnas

Ilustrasi belanja online di platform e-commerce Tokopedia.Dok. Shutterstock/ Stanisic Vladimir Ilustrasi belanja online di platform e-commerce Tokopedia.

Harbolnas dipelopori oleh enam e-commerce besar yang beroperasi di Indonesia, yakni Lazada Indonesia, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka, dan Bukalapak pada 2012 lalu.

Enam e-commerce tersebut berada dinaungi oleh satu organisasi besar yang bernama Asosiasi E-commerce Indonesia (IdeA).

Pada saat 2012 lalu, Harbolnas digelar dengan tanggal, bulan, dan tahun unik yang semua angkanya sama persis, yaitu "121212". 

Awalnya, ajang tersebut digelar untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat Indonesia terkait kegiatan belanja secara online.

Namun, seiring berjalannya waktu, momen 12.12, seperti apa yang telah disebutkan tadi, digunakan sejumlah e-commerce untuk tebar promo dan voucher diskon.

Tujuan utamanya adalah supaya pengguna mau mengunjungi platform belanja online tersebut. Sehingga momen Harbolnas juga bisa dibilang sebagai ajang rebutan pengguna yang berbelanja online bagi para e-commerce.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.