Kompas.com - 27/12/2021, 08:33 WIB

KOMPAS.com - Sepanjang tahun 2021 ini, ada banyak judul game anyar yang meluncur. Meski sejumlah game mengalami penundaan, namun, tidak sedikit pula game yang sukses dirilis di tahun ini.

Sepanjang 2021 ini juga tidak sedikit game AAA yang dirilis. Istilah game AAA sendiri biasanya diberikan untuk game dengan budget produksi yang tinggi serta mendapat skor atau nilai A dalam segi grafis, kualitas gameplay, hingga penjualan.

Seperti Forza Horizon 5 misalnya, game balap besutan Playground Games ini telah meluncur pada 4 November lalu.

Game ini mendapat respon yang baik di kalangan gamer dengan rating Very Positive menurut review yang telah dilakukan oleh 45.000 pengguna Steam.

Selain game AAA, ada beberapa judul game menarik yang dirilis pada tahun ini. Berikut ini adalah rangkumannya.

Ratchet and Clank: Rift Apart

Ilustrasi game Ratchet and ClankSony Ilustrasi game Ratchet and Clank
Game yang dirilis secara eksklusif di konsol PS5 pada 11 Juni lalu ini merupakan salah satu game yang mampu menawarkan grafis yang memukau.

Ratchet and Clank: Rift Apart bahkan disebut-sebut memiliki kualitas grafis yang setara dengan karya hasil garapan studio animasi ternama Pixar.

Hal ini tidak mengherankan, mengingat Ratchet and Clank: Rift Apart telah mendukung Hardware-accelerated Ray Tracing yang mampu membuat gambar terlihat lebih realistis.

Dari segi gameplay, pemain akan berpetualang dengan dua karakter ikonik, yakni Ratchet dan Clank. Yang menarik, kali ini pemain akan ditemani oleh karakter baru bernama Rivet.

Bersama Rivet, Ratchet dan Clank akan menjelajahi sejumlah planet dan dimensi asing yang akan mengungkap sejarah serta kisah menarik dari karakter utama dalam game.

Mengusung sudut pandang third-person, pemain bisa mengendalikan Ratchet dan Rivet dengan senjata khususnya masing-masing, yakni Wrench dan Hammer.

Selain sibuk menjalankan misi, pemain juga akan menghabiskan banyak waktu untuk mengumpulkan Raritarium yang berguna untuk meningkatkan kemampuan senjata.

Baca juga: Daftar Game Mobile dengan Penghasilan Tertinggi 2021, PUBG Mobile Teratas

Dengan Raritarium, pemain bisa menambah damage yang dihasilkan oleh senjata, meningkatkan kecepatan peluru yang ditembakkan, hingga memodifikasi efek serta animasi pada masing-masing senjata.

Forza Horizon 5

Forza Horizon 5.Gamespot Forza Horizon 5.
Turn 10 Studios bersama dengan Playground Games akhirnya meluncuran Forza Horizon 5.

Meluncur pada 28 September lalu, Forza Horizon 5 mengunggulkan kualitas grafis yang ciamik. Game ini mampu menampilkan detail kendaraan dan lintasan balap yang cukup rinci.

Forza Horizon 5 menawarkan lintasan balap khas Meksiko. Pemain bisa melintasi berbagai jenis medan mulai dari gurun pasir, hutan hujan, hingga kawasan gunung berapi.

Game ini turut menyediakan setidaknya 500 mobil yang tentunya dapat dimodifikasi secara oleh pemain.

Game ini berhasil mencetak rekor setelah dimainkan oleh 10 juta pemain hanya dalam waktu satu minggu paska dirilis.

Sejak dirilis di PC, Xbox One, dan Xbox Series X/S, Forza Horizon 5 memang mendapat perhatian banyak penggemar.

Terbukti dalam waktu 24 jam sejak diluncurkan pada 9 November lalu, Forza Horizon 5 dimainkan oleh 4,5 juta pemain. Angka tersebut tergolong tinggi, khususnya untuk game genre balap.

Deathloop

Ilustrasi game Deathloop.Bethesda Ilustrasi game Deathloop.
Dikemas dalam genre first-person shooter (FPS), Deathloop mampu menyajikan gameplay yang menegangkan.

Berperan sebagai seorang pembunuh bernama Colt, pemain memiliki misi untuk menghentikan siklus loop yang terus menerus terjadi.

Mulanya, siklus loop ini dapat membingungkan pemain karena setiap kejadian yang terjadi pada hari ini akan kembali terulang pada keesokan harinya.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.