Melihat Evolusi 15 Tahun iPhone dari Masa ke Masa

Kompas.com - 12/01/2022, 15:05 WIB
Steve Jobs memegang iPhone generasi pertama. 9to5mac.comSteve Jobs memegang iPhone generasi pertama.

KOMPAS.com - Tepat pada 9 Januari 2007, pendiri Apple, Steve Jobs, memperkenalkan iPhone pertama dalam ajang tahunan Macworld Expo.

Perangkat tersebut mengubah industri smartphone secara global. Dengan memangkas fungsi keyboard secara keseluruhan, iPhone generasi pertama ini tampil dengan ukuran layar 3,5 inci yang tergolong besar kala itu.

Baca juga: 15 Tahun Lalu, iPhone Pertama Kali Diperkenalkan di Atas Panggung

Fitur yang dibawa iPhone generasi pertama kala itu sudah canggih pada zamannya. Namun, seiring perkembangan zaman, iPhone juga terus berevolusi dalam hal bentuk dan fitur.

Kini sudah 15 tahun berlalu sejak iPhone diperkenalkan dengan beragam kemampuannya yang dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon, terhubung ke internet, menerima e-mail, hingga mendengarkan musik.

Berikut merupakan evolusi iPhone dari masa ke masa, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Pocket Lint, Rabu (12/1/2022).

iPhone (2007)

iPhone generasi pertamaApple iPhone generasi pertama
Peluncuran iPhone pertama menuai decak kagum dari penggemar teknologi. iPhone membawa sejumlah fitur yang terbilang inovatif seperti layar berukuran besar dan kemampuan touchscreen.

Perangkat generasi pertama ini hadir dengan layar 3,5 inci (480 x 320 piksel), tombol Home fisik, prosesor ARM 412 MHz, dan kamera 2 MP.

Beberapa kemampuan yang ditawarkan perangkat ini antara lain melakukan panggilan telepon, terhubung ke internet, melakukan transfer data iTunes, menerima e-mail, dan mendengarkan musik.

Di balik kesuksesan iPhone, terdapat sosok Steve Jobs yang berhasil memikat penggemar dengan gaya "menjualnya" yang khas.

Untuk bisa membawa pulang iPhone, penggemar harus membayar harga yang cukup mahal. Dirilis pada 29 Juni 2007, iPhone dengan memori penyimpanan 4 GB dibanderol dengan harga 499 dollar AS, sementara varian 8 GB dijual sebesar 599 dollar AS.

iPhone 3G (2008)

iPhone 3GApple iPhone 3G
Satu tahun setelah peluncuran iPhone generasi pertama, Apple merilis iPhone 3G pada 11 Juli 2008.

Seperti namanya, perangkat yang satu ini membawa peningkatan dari aspek konektivitas alias sudah mendukung koneksi 3G dan GPS.

iPhone 3G juga ketambahan sejumlah fitur-fitur baru seperti sistem operasi versi terbaru, fitur push e-mail, petunjuk dalam fitur navigasi, hingga kehadiran toko aplikasi App Store.

Baca juga: Alasan iPhone 12 dan iPhone 13 Belum Bisa Akses 5G di Indonesia

Di luar dari fitur-fitur tersebut, iPhone 3GS nampak memiliki desain yang cukup serupa dengan iPhone generasi pertama.

Yang membedakan adalah perangkat ini hadir dengan tepian luar berbahan metal dan mengusung ukuran yang lebih ramping.

iPhone 3GS (2009)

iPhone 3GSApple iPhone 3GS
Dikemas dengan desain yang sama seperti iPhone 3G, iPhone 3GS tampil beda dengan membawa spesifikasi yang diperbarui.

iPhone 3GS membawa prosesor terbaru ARM A8 600 MHz dan lapisan layar yang diklaim mampu mengurangi bekas sidik jari.

Apple juga nampak menyempurnakan fitur-fitur pada perangkat seperti menghadirkan kamera yang mampu merekam video 480p dan adanya fitur kontrol suara.

iPhone 4 (2010)

iPhone 4Apple iPhone 4
Apple mulai melakukan perombakan desain di iPhone 4. Bodi iPhone 4 dilapisi bahan stainless steel dan memiliki ketebalan yang lebih tipis dibandingkan pendahulunya.

iPhone 4 nampak mempertahankan ukuran layar 3,5 inci, meski sudah tampil dengan resolusi layar lebih besar yaitu 960 x 480 piksel.

Perangkat ini tampil dengan teknologi Retina Display yang mampu mempertajam tampilan yang disajikan pada layar dan untuk pertama kalinya, Apple menyematkan kamera selfie 5 MP yang dapat merekam video 720p.

iPhone 4s (2011)

iPhone 4SApple iPhone 4S
Mengusung desain serupa dengan pendahulunya, iPhone 4s meluncur dengan prosesor dual-core yang diperbarui.

Apple juga memperkenalkan asisten virtual Siri, termasuk beragam layanan baru seperti iCloud, iMessage, Notification Center, Reminder, dan terintegrasi dengan Twitter.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, iPhone 4s diumumkan pada 4 Oktober 2011 oleh Tim Cook. Sosok maestro Steve Jobs nampak absen.

Hingga pada 5 Oktober 2011, satu hari setelah peluncuran iPhone 4s, berita duka datang dari pendiri Apple tersebut.

Steve Jobs meninggal dunia di usia 56 tahun akibat penyakit kanker pankreas yang telah dideritanya.

Baca juga: Steve Jobs Larang Anaknya Main iPad, Ini Alasannya

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.