Apakah Tren NFT di Indonesia Bakal seperti Tanaman Hias dan Batu Akik?

Kompas.com - 20/01/2022, 13:01 WIB

KOMPAS.com - Aset non-fungible token (NFT) kini tengah naik daun dan belakangan menjadi perbincangan di Indonesia. Hal ini tak lepas dari kehadiran sejumlah foto selfie "Ghozali Everyday" yang mendadak viral di internet.

NFT merupakan aset digital, baik itu teks, gambar, video, dan lain sebagainya yang memungkinkan pemilik atau kolektornya tercatat secara mutlak di dalam sistem blockchain. Dengan begitu, pengguna seakan memiliki barang unik apabila memiliki aset NFT.

Nah, efek Ghozali, alias "Ghozali Effect" tadi tampaknya membuat tren NFT semakin digandrungi masyarakat Tanah Air, salah satunya dengan menjual beragam foto melalui salah satu platform NFT populer yang ada di dunia maya, OpenSea.

Baca juga: Warganet Indonesia Serbu OpenSea, Jual NFT Foto KTP hingga Makanan Rp 3,8 Miliar

Tak sedikit pula orang yang mulai mengoleksi aset-aset NFT yang terpampang di platform tersebut, salah satunya adalah membeli foto selfie Ghozali tadi.

Tren NFT ini pun tampaknya tak akan memudar dalam waktu dekat. Setidaknya begitu menurut Ketua Umum Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo) & COO Tokocrypto, Teguh Kurniawan Harmanda.

Dia bahkan mengatakan tren NFT, baik itu menjual maupun mengoleksi, tidak akan mudah padam begitu saja seperti aneka tren yang ada di Indonesia selama beberapa tahun belakangan, sebut saja seperti koleksi tanaman hias hingga batu akik.

Baca juga: Duo Pendiri OpenSea Jadi Miliarder Baru berkat NFT

Koleksi batu akik diketahui sempat digandrungi masyarakat pada tahun 2015, namun mulai meredup beberapa tahun kemudian. Tren koleksi tanaman hias juga muncul sejak pandemi menyerang, namun tampaknya kini masih digandrungi masyarakat.

"Saya yakin NFT ini akan terus tumbuh baik secara global maupun di Indonesia sendiri. Ghozali Effect bisa menarik orang semakin banyak terjun ke NFT. Efeknya saya rasa tidak sesaat seperti fenomena maraknya koleksi tanaman hias atau batu akik," tutur Teguh kepada KompasTekno.

NFT akan terus berkembang

Teguh menambahkan, NFT sendiri bakal terus berkembang dalam beberapa waktu ke depan. Meski masih baru, ia menyebut banyak potensi yang bisa diciptakan oleh NFT di kemudian hari.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.