Apple Geser Samsung berkat iPhone 13, Xiaomi Peringkat Ketiga

Kompas.com - 20/01/2022, 08:44 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Apple berhasil meraih takhtanya kembali dan menjadi merek ponsel nomor satu di dunia. Apple berhasil menggeser posisi Samsung yang menempati posisi teratas pada kuartal-III 2021.

Setidaknya begitu menurut laporan pengiriman (shipment) smartphone kuartal-IV 2021 yang dirilis firma riset pasar Canalys baru-baru ini.

Berdasarkan riset tersebut, Apple meraih pangsa pasar (market share) mencapai 22 persen pada kuartal-IV 2021, turun satu persen apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Samsung harus puas menempati posisi kedua dengan market share 20 persen, turun tiga persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Tidak disebutkan berapa unit smartphone yang berhasil dikirimkan Apple ataupun Samsung. Yang jelas, menurut seorang periset dari Canalys, Sanyam Chaurasia, performa bisnis Apple yang cukup baik ini didorong oleh kesuksesan iPhone 13 Series di pasar global.

Baca juga: Alasan iPhone 12 dan iPhone 13 Belum Bisa Akses 5G di Indonesia

"Setelah tiga kuartal berturut-turut, Apple akhirnya berhasil berada di posisi teratas berkat kesuksesan iPhone 13, terutama di pasar China," ujar Sanyam dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (20/1/2022).

Posisi Apple dan Samsung lantas diikuti oleh Xiaomi, Oppo, dan Vivo yang melengkapi daftar lima merek ponsel teratas secara global di kuartal-IV 2021, yang masing-masing memiliki pangsa pasar 12 persen, 9 persen, dan 8 persen.

Secara total, Canalys mengeklaim pengiriman smartphone global di kuartal-IV 2021 hanya meningkat satu persen apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: Pasar Smartphone Indonesia Kembali Lesu pada Kuartal III-2021

VP Mobility Canalys, Nicole Peng mengatakan pertumbuhan yang minim ini disebabkan oleh pasokan komponen smartphone yang terganggu akibat adanya fenomena kelangkaan produk semikonduktor yang masih melanda dunia.

"Gangguan rantai pasokan komponen paling memengaruhi vendor smartphone yang fokus di segmen kelas bawah," tutur Peng.

"Produsen komponen smartphone sendiri saat ini sedang berupaya untuk menambah jumlah produksi, tetapi butuh waktu bertahun-tahun bagi para pabrikan chip untuk meningkatkan kapasitasnya secara signifikan," imbuh Peng.

Baca juga: Ketika Bos Xiaomi Indonesia Tepati Janji dalam 5 Hari

Daftar smartphone teratas di kuartal-IV 2021 versi Canalys, begitu juga perkembangannya dari periode sebelumnya, bisa disimak dalam tabel berikut.

Vendor Pangsa pasar kuartal-IV 2020 (persen) Pangsa pasar kuartal-IV 2021 (persen)
1. Apple 23 22
2. Samsung 17 20
3. Xiaomi 12 12
4. Oppo 10 9
5. Vivo 9 8

Baca juga: 5 Besar Vendor Smartphone di Indonesia Kuartal III-2021, Oppo Salip Xiaomi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.