Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesan Pertama Menjajal Oppo Find N, Ponsel Lipat Pertama dari Oppo

Kompas.com - 20/01/2022, 15:01 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Oppo Find N yang dirilis pada akhir 2021 lalu, diperkenalkan sebagai smartphone lipat pertama buatan Oppo. Ponsel tersebut diperkenalkan di negara asalnya, China.

Meski sudah diperkenalkan, Oppo Find N belum akan dijual di Indonesia. Untuk sementara, ponsel ini hanya tersedia di China.

Meski demikian, KompasTekno berkesempatan untuk menjajal smartphone lipat pertama dari Oppo tersebut. 

Oppo Find N memiliki mekanisme lipatan yang sama seperti Samsung Galaxy Fold, yaitu dilipat ke bagian dalam, seperti membuka atau menutup buku.

Baca juga: Find N, Ponsel Lipat Pertama Oppo Resmi Meluncur, Ini Harganya

Case Oppo Find N didesain dengan finishing yang glossy, namun, tidak begitu licin di tangan saat digenggam.

Pengguna juga dapat menggunakan softcase sebagai pelindung tambahan. Bagian punggungnya tampil dengan warna gradasi yang menampilkan efek berkilau.

Tampilan belakangnya juga dihiasi dengan modul kamera yang cukup menonjol. Ponsel ini memiliki tiga kamera belakang dengan konfigurasi kamera utama 50 MP (sensor IMX766), kamera ultrawide 16 MP, dan kamera telefoto 13 MP.

Tampilan belakangnya juga dihiasi dengan housing kamera yang cukup menonjol. Ponsel ini memiliki tiga kamera belakangKOMPAS.com/Lely Maulida Tampilan belakangnya juga dihiasi dengan housing kamera yang cukup menonjol. Ponsel ini memiliki tiga kamera belakang
Selain tiga kamera, bagian punggung Oppo Find N juga dilengkapi dengan lampu LED fash.

Sementara kamera depannya, tersedia di dua layar. Kamera selfie pertama terletak di layar bagian dalam untuk mengakomodasi saat layar dibentangkan. Kemudian kamera selfie kedua diletakkan di layar sekunder (bagian luar) untuk selfie saat ponsel dalam keadaan dilipat.

Kedua kamera depan ini diletakkan dalam punch hole. Keduanya sama-sama memiliki resolusi 32 MP, namun, dengan posisi yang berbeda.

Di layar utama, kamera depannya disematkan di sudut kiri atas, sementara di layar sekundernya, kamera selfie disematkan di bagian tengah atas layar.

Baca juga: Beda Oppo Find N dengan Smartphone Layar Lipat Lain

Posisi ini memungkinkan pengguna untuk berswafoto baik saat ponsel dilipat maupun dibentangkan.

Dimensi bodi Oppo Find X cukup compact untuk digenggam dengan satu tangan, khususnya saat ponsel dalam keadaan dilipat. Hanya saja, bobotnya cukup berat, ibarat menggenggam dua smartphone yang digabungkan.

Oppo Find N menggunakan material kaca yang sangat tipis (ultra thin glass /UTG) pada layarnya. Material ini membuat layar Oppo Find N kuat dan tahan lama.KOMPAS.com/Lely Maulida Oppo Find N menggunakan material kaca yang sangat tipis (ultra thin glass /UTG) pada layarnya. Material ini membuat layar Oppo Find N kuat dan tahan lama.
Tombol power dan volume yang biasanya menyatu, menjadi terpisah di Oppo Find N. Namun tombol tersebut akan berdampingan ketika ponsel dilipat. Ini juga memudahkan pengguna mengoperasikan tombol tersebut saat menggenggam ponsel dengan satu tangan.

Bermacam konektor tersedia di bawah bodi ponsel, meliputi port USB tipe C untuk pengisian ulang baterai, lubang speaker serta mikrofon, serta slot kartu SIM yang mendukung SIM ganda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com