Begini Cara Pinjam Pulsa Telkomsel via SMS, Aplikasi, dan USSD

Kompas.com - 21/01/2022, 13:45 WIB

KOMPAS.com - Mendadak butuh pulsa namun tidak sempat membeli? Layanan pinjam pulsa mungkin bisa jadi alternatif.

Salah satu operator yang memiliki layanan pinjam pulsa adalah Telkomsel. Fitur pinjam pulsa atau yang disebut dengan layanan Paket Darurat Telkomsel ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapat pinjaman paket internet, telepon, dan SMS.

Layanan ini menawarkan pinjaman ke pelanggan dengan sistem pay later atau gunakan dulu, bayar nanti.

Dengan kata lain, Anda bisa membeli layanan paket darurat dengan pulsa seminim mungkin untuk mendapatkan paket internet, telepon, dan SMS. Kemudian, Anda bakal membayar tagihan pinjaman setelah memiliki cukup pulsa.

Baca juga: Daftar Kode Dial Paket Data Murah Telkomsel

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan layanan paket darurat ini, ada baiknya mengetahui syarat dan ketentuannya.

Untuk menggunakan layanan ini, Anda harus memastikan telah menjadi pelanggan Telkomsel prabayar dengan nomor Telkomsel yang telah aktif lebih dari 60 hari. Kemudian, pastikan bahwa Anda tidak memiliki tunggakan pinjaman pulsa.

Jika Anda telah menggunakan layanan pinjam pulsa Telkomsel maka pastikan untuk dibayar terlebih dahulu. Kalau tidak, layanan ini tidak akan bisa Anda aktifkan. Limit penggunaan layanan Telkomsel ini hanya 5 kali dalam 30 hari.

Baca juga: Daftar Paket OMG Telkomsel untuk Streaming Disney+, HBO Go, Amazon Prime, dll

Layanan paket darurat ini memiliki beberapa pilihan pinjaman mulai dari minimal Rp 3.000 hingga maksimal Rp 15.000 dengan isi paket yang berbeda-beda. Namun, pengguna tidak bisa memilih besaran pinjaman pulsa itu.

Pihak Telkomsel yang bakal secara otomatis menawarkan besaran pinjaman yang bisa Anda pakai, berdasarkan frekuensi pengisian pulsa dan rata-rata jumlah penggunaan pulsa per bulan.

Setelah mengetahui syarat dan ketentuan untuk melakukan aktivasi paket ini, ada beberapa berbagai cara pinjam pulsa Telkomsel yang disediakan, seperti pinjam pulsa lewat SMS hingga lewat aplikasi MyTelkomsel.

Baca juga: Ini 2 Cara Transfer Pulsa Telkomsel dan Rincian Biayanya

Apabila Anda sedang butuh berkomunikasi tapi pulsa atau paket data tidak mencukupi, simak penjelasan cara pinjam pulsa Telkomsel yang dihimpun dari laman resmi Telkomsel berikut ini:

Pinjam pulsa telkomsel via SMS

  • Jika nomor Telkomsel Anda telah dianggap memenuhi syarat dan ketentuan, kemudian sedang kehabisan pulsa, Telkomsel akan secara otomatis menawarkan Paket Darurat melalui SMS dari 5111 atau 5050.
  • Lalu ketik YES atau sesuai dengan kata kunci yang telah diinfromasikan
  • Kemudian Anda tinggal menunggu SMS balasan dari 5111 atau 5050 tentang aktivasi Paket Darurat Anda
  • Jika telah menerima SMS konfrimasi dari 5111 atau 5050 maka Paket Darurat Anda telah aktif.

Pinjam Pulsa Telkomsel via Kode USSD

  • Buka menu panggilan yang tersedia di ponsel Anda.
  • Kemudian, ketuk *505# lalu tekan tombol hijau atau ‘Call/ Panggil’
  • Jika nomor Anda memenuhi syarat dan ketentuan untuk mendapatkan layanan Paket Darurat, informasi lebih lanjut akan muncul. Jika informasi layanan lebih lanjut tidak muncul, berarti nomor Anda tidak memenuhi syarat dan ketentuan.
  • Tinggal aktifkan paket darurat dan tunggu SMS konfirmasi dari 5111 atau 5050, dan selamat Paket Darurat Anda sudah bisa digunakan.

Baca juga: Daftar Kode USSD Paket Internet Telkomsel Terbaru

Pinjam Pulsa via aplikasi MyTelkomsel

  • Pastikan Anda telah memiliki aplikasi MyTelkomsel pada ponsel Anda, jika belum punya, Anda bisa mendapatkannya di Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).
  • Buka aplikasi MyTelkomsel, kemudian ke arah menu "Belanja" dan ketuk opsi "Spesial Untuk Anda"
  • Lalu, pilih opsi "Promo Hanya Untukmu" setelah itu, jika nomor Anda memenuhi syarat dan ketentuan sebagai penerima Paket Darurat, pilihan paket tersebut akan muncul.
  • Terakhir, tinggal aktifkan layanan Paket Darurat lalu tunggu SMS konfirmasi dari 5111 atau 5050.

Setelah mendapatkan paket darurat, pembayaran pinjamannya bakal dipotong secara otomatis saat Anda isi ulang pulsa. Potongan nominalnya pun sejumlah dengan nominal Paket Darurat yang ditawarkan. Demikian cara pinjam pulsa Telkomsel, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.