Pengguna Twitter Bisa Pakai Gambar NFT untuk Foto Profil

Kompas.com - 22/01/2022, 08:03 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Twitter meluncurkan fitur baru yang mengizinkan pengguna untuk menggunakan aset berupa gambar Non Fungible Token (NFT) sebagai foto profil mereka.

Fitur ini resmi hadir untuk pengguna Twitter Blue atau Twitter versi berlangganan. Fitur baru ini diumumkan melalui akun resmi Twitter Blue mereka dengan handle @TwitterBlue.

Nantinya, foto profil yang menggunakan gambar NFT akan terlihat berbeda dengan foto profil yang menggunakan gambar biasa. Perbedaannya terletak pada bentuk bingkai foto tersebut.

Baca juga: Mengapa NFT Foto Selfie Ghozali Ada yang Mau Beli Mahal?

Biasanya, foto profil pengguna Twitter berbentuk lingkaran. Namun, foto profil dengan gambar NFT akan menggunakan bingkai segi enam atau heksagonal.

Ketika foto profil heksagonal diketuk, pengguna akan mendapatkan rincian informasi lebih lanjut terkait NFT atau karya seni digital tersebut.

Fitur foto profil dengan aset NFT saat ini masih tersedia secara terbatas untuk pengguna iOS di Amerika Serikat (AS), Kanada, Australia dan Selandia Baru.

Meski demikian, semua pengguna Twitter di platform apa pun dapat melihat foto profil NFT dengan bingkai heksagonal.

Product Lead Twitter, Esther Crawford, mengatakan bahwa melalui fitur ini Twitter menempatkan layanannya sebagai jejaring sosial yang juga mewadahi aktivitas seperti percakapan dan edukasi terkait NFT, blockchain, maupun teknologi kripto lainnya.

"Kripto adalah pilar utama masa depan Twitter. Kami ingin mendukung minat yang saat ini berkembang antara kreator konten dalam menggunakan aplikasi terdesentralisasi untuk mengelola barang dan mata uang virtual," kata Crawford.

Baca juga: Ramai Jual Beli NFT, Bisakah Jadi Investasi Jangka Panjang?

"Ini masih sangat awal bagi kami, namun, kami ingin membangun sesuatu yang menjadi manfaat untuk komunitas terkait, yang dapat mereka mulai dengan saling berinteraksi," lanjut Crawford, dikutip KompasTekno dari Wall Street Journal, Sabtu (22/1/2022).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.