Cara Membuat dan Menambah Tabel di Microsoft Word

Kompas.com - 28/01/2022, 16:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Membuat sebuah dokumen di Microsoft Word tak hanya berisi sekumpulan teks namun juga terkadang terdapat beberapa bagan atau tabel yang perlu disematkan.

Tabel juga berguna untuk memudahkan Anda memisahkan data satu dengan data lainnya.

Untuk membuat tabel di Microsoft Word pun mudah. Menu tabel dapat ditemukan di bagian menu bar Insert lalu pilih “Table”.

Untuk Anda yang ingin menambahkan tabel pada dokumen, berikut ini KompasTekno merangkum cara membuat dan menambah tabel melalui fitur-fiturnya.

Cara membuat tabel sederhana di Word

cara membuat tabel di microsoft wordKompas.com/SoffyaRanti cara membuat tabel di microsoft word

Untuk pengguna yang hanya membutuhkan tabel sederhana dengan jumlah dan baris kolom tidak terlalu banyak, cukup memilih template tabel yang tersedia di menu table yang berjumlah 1-10. Klik “Insert” kemudian pilih jumlah kolom dan baris yang diinginkan.

Pengguna juga dapat memanfaatkan fitur “Quick Tables” yang berguna untuk membuat tabel secara praktis. Fitur ini menyediakan berbagai template tabel yang sudah disediakan sehingga lebih memudahkan pengguna. Caranya pilih Insert > klik “Quick Tables”

Membuat tabel menggunakan “Insert Table”

Fitur “Insert Table” berguna untuk pengguna yang membutuhkan jumlah tabel yang diinginkan atau membutuhkan kolom tabel lebih dari 10. Dengan kata lain, fitur ini digunakan untuk membuat tabel yang perlu dimodifikasi.

Menggunakan Draw Table

Fitur “Draw Table” dapat digunakan untuk membuat gambar tabel sesuai ukuran dan posisi yang diinginkan. Cara membuat tabel menggunakan “Draw Table” adalah klik Insert > Table > Draw Table.

Menggunakan Convert Text to Table

Untuk membuat tabel pengguna dapat memulainya dengan menulis teks terlebih dahulu. Caranya tulis dan letakkan teks sesuai yang diinginkan untuk dijadikan tabel.

Setelah itu klik “Convert Text to Table” pada fitur “Table”. Kemudian, tabel akan otomatis terbuat sesuai teks yang ditulis sebelumnya.

Baca juga: Cara Kembalikan File Microsoft Word yang Belum Tersimpan Akibat Laptop Mati

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.