Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Jadi Perusahaan Paling Bernilai di Dunia

Kompas.com - 28/01/2022, 17:02 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Apple dinobatkan sebagai perusahaan paling bernilai di dunia untuk tahun 2022. Predikat ini berasal dari laporan tahunan Brand Finance Global 500 untuk tahun 2022, yang merangkum daftar perusahaan palng berharga di dunia berdasarkan valuasinya.

Dalam laporan tersebut, Apple menempati posisi teratas dengan total valuasi yang ditaksir mencapai 355,1 miliar dollar AS atau setara Rp 5.100 triliun.

Jumlah tersebut menjadikan valuasi perusahaan tertinggi yang pernah dicatat Brand Finance Global 500. Valuasi Apple menunjukkan peningkatan sebesar 35 persen dibanding prediksi tahun lalu.

Menurut pihak Brand Finance, pertumbuhan Apple didorong oleh kesuksesan iPhone 12 dan iPhone 13 di seluruh dunia.

Produk Apple lainnya yang turut berkontribusi pada pertumbuhan perusahaan yaitu iPad, iMac, MacBook yang diperbarui ke generasi baru serta AirTag.

Layanan Apple seperti Apple Music, Apple Pay, Apple TV hingga platform lainnya yang dinilai semakin populer, juga turut mendorong pendapatan perusahaan sehingga menambah valuasi.

Baca juga: AirTag Dipakai untuk Menguntit, Apple Rilis Panduan Keselamatan

"iPhone masih menyumbang sekitar setengahnya dari penjualan Apple. Namun, tahun ini Apple juga fokus pada sejumlah produk lainnya seperti iPad generasi baru, iMac yang dirombak, dan peluncuran AirTag," kata David Haigh, Chairman & CEO of Brand Finance.

Selain Apple beberapa perusahaan teknologi lainnya juga tercatat menjadi perusahaan paling berharga di dunia, bahkan mendominasi 10 posisi teratas. Sementara dua perusahaan lainnya dalam daftar 10 teratas adalah perusahaan non-teknologi yaitu Walmart dan Commercial Bank of China.

Berikut rincian 10 besar perusahaan paling berharga di dunia dalam Global 500 2022.

1. Apple
2 – Amazon
3 – Google
4 – Microsoft
5 – Walmart
6 – Samsung Group
7 – Facebook
8 – ICBC (Industrial and Commercial Bank of China)
9 – Huawei
10 – Verizon

Baca juga: Apple Kuasai Pasar Ponsel China berkat iPhone 13

Valuasi pesaing Apple

Serupa dengan Apple, Google mencatat peningkatan valuasi hingga 38 persen menjadi 263,4 miliar dollar AS. Sebagian besar pendapatan Google berasal dari iklan.

Namun, karena pandemi, Brand Finance menyebut Google sempat merugi karena sebagian perusahaan memangkas biaya iklan. Meski demikian, sejumlah negara dan industri mulai beradaptasi dengan pandemi sehingga pendapatan Google di 2021 berangsur pulih.

Sementara itu Samsung menempati posisi keenam dengan valuasi 107,3 miliar dollar AS (Rp 1.541 triliun), naik 5 persen dibanding tahun lalu.

Samsung bahkan menjadi satu-satunya merek Korea yang masuk dalam 25 perusahaan paling berharga The Global 500 2022.

Valuasi Samsung meningkat berkat sejumlah produk baru yang diluncurkan perusahaan, termasuk untuk chip memori hingga home appliances.

Halaman:
Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com