Kompas.com - 01/03/2022, 07:35 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com  - Ajang Mobile World Congress (MWC) 2022 digunakan Poco untuk meluncurkan sejumlah ponsel terbarunya, salah satunya adalah Poco X4 Pro 5G.

Ponsel ini merupakan "kembaran" Redmi Note 11 Pro 5G yang dijual untuk pasar internasional, namun dipoles dengan desain yang berbeda.

Secara tampilan, sekeliling bingkai Poco X4 Pro 5G kini mengusung desain datar (flat) dengan keempat ujungnya yang agak membulat (rounded), mirip seperti Oppo Reno7 Z versi Indonesia.

Baca juga: Oppo Pamerkan Tampang Reno7 Z, Debut Global Pertama di Indonesia

Alih-alih modul persegi yang memanjang ke bawah, bagian belakang ponsel tersebut juga kini dihiasi dengan modul kamera bongsor berbentuk persegi yang memanjang ke samping, mirip dengan desain modul kamera belakang di Poco M3.

Di dalam modul tersebut, terdapat tiga buah kamera yang terdiri dari kamera utama 108 MP (f/1.9), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), dan kamera macro 2 MP (f/2.4).

Pada bagian depan ponsel ini, terdapat pula kamera selfie beresolusi 16 MP (f/2.4) yang dimuat dalam modul punch hole yang terletak di bagian tengah atas layar.

Terkait layarnya sendiri, Poco X4 Pro 5G mengadopsi layar AMOLED berukuran 6,67 inci dengan resolusi Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, dan touch sampling rate 360 Hz. Layarnya memiliki tingkat kecerahan hingga 1.200 nits dan sudah dilindungi dengan lapisan kaca Gorilla Glass 5.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Poco X3 GT Terbaru Februari 2022

Qualcomm Snapdragon 695

Ilustrasi spesifikasi inti Poco X4 Pro 5G.Gizmochina Ilustrasi spesifikasi inti Poco X4 Pro 5G.

Beralih ke aspek hardware, ponsel ini ditenagai dengan chipset Snapdragon 695, "turun kasta" dari pendahulunya Poco X3 Pro yang menggunakan chipset Snapdragon 860.

Chipset tersebut dipadukan dengan dua opsi RAM yaitu 6 GB atau 8 GB, serta dua opsi media penyimpanan yang berkapasitas 128 GB atau 256 GB.

Baca juga: Chipset Lawas dan Sunat Fitur, Rahasia Harga Murah Poco F3 dan Poco X3 Pro

Untuk segi daya, ponsel ini ditopang dengan baterai dengan kapasitas yang cukup jumbo di kelasnya, yaitu 5.000 mAh. Ponsel ini juga mendukung pengisian cepat berdaya 67W yang diklaim bisa mengisi daya ponsel dari 0-70 persen dalam waktu 22 menit.
 
Pada aspek software, Poco X4 Pro 5G sudah menjalankan sistem operasi (OS) Android 11 yang dibekali dengan tampilan antarmuka (UI) MIUI 13 khusus Poco, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Selasa (1/3/2022).

Di pasar internasional, Poco X4 Pro 5G hadir dengan tiga varian warna, yaitu Poco Yellow, Laser Blue, dan Laser Black. Harga Poco X4 Pro dipatok 269 euro (sekitar Rp 4,3 juta) untuk varian 6 GB/128 GB dan 319 euro (sekitar Rp 5,1 juta) untuk varian 8 GB/256 GB.

Poco X4 Pro 5G bakal tersedia mulai 2 Maret besok di pasar internasional. Meski demikian, belum diketahui kapan ponsel tersebut bakal menyambangi pasar Indonesia. Kita nantikan saja.

Baca juga: Ini Beda Spesifikasi Realme 9 Pro Plus dan Vivo V23

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Gizmochina
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.