Kompas.com - 02/03/2022, 12:02 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya dalam Galaxy S Series, Samsung Galaxy S22 Ultra dibekali dengan pena digital (stylus) khas Samsung, alias S Pen yang hadir secara bawaan (built-in) ala Galaxy Note Series.

Artinya, ponsel ini memiliki kompartemen yang bisa digunakan untuk menyimpan S Pen, tidak seperti Galaxy S Series lainnya.

Kompartemen penyimpanan S Pen tersebut terletak di sisi bawah kiri bingkai perangkat, persis di samping speaker grille.

Untuk mengeluarkan S Pen, pengguna cukup menekannya sedikit ke arah dalam hingga berbunyi "klik", dan aksesori tersebut lantas bisa langsung ditarik dan siap digunakan.

Tampilan S Pen Galaxy S22 Ultra yang dibekali dengan satu tombol aksi.KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan S Pen Galaxy S22 Ultra yang dibekali dengan satu tombol aksi.

Secara teknologi, Samsung mengeklaim S Pen di Galaxy S22 Ultra ini lebih tangguh dan gesit dibanding S Pen yang hadir di ponsel Samsung Galaxy lain.

Pasalnya, latency S Pen tersebut kini lebih ngebut dengan 2,8 ms. Sebagai perbandingan, latency S Pen di Galaxy Note 20 Ultra dan Galaxy S21 Ultra adalah 9 ms.

Lantas, bagaimana dengan fitur-fitur S Pen? Apa saja yang bisa dilakukan pengguna dengan S Pen yang diklaim lebih canggih itu?

S Pen bisa dipakai mencatat dan menggambar

Hal pertama yang bisa dilakukan dengan S Pen tentunya adalah menulis atau menggambar layaknya di atas sebuah kertas.

Ketika S Pen dikeluarkan, tampilan antarmuka (UI) ponsel akan langsung menyuguhkan menu pop-up yang berisi berbagai fitur S Pen seperti untuk membuat catatan (Create note), menulis berbagai keterangan di sebuah gambar Screenshot, dan lain sebagainya.

Pengguna juga bisa memilih menu AR Doodle untuk menggambar animasi atau stiker AR secara langsung di wajah mereka melalui aplikasi kamera, atau memilih menu PENUP untuk membuat sebuah karya gambar menggunakan S Pen.

Ilustrasi menu pop-up yang akan muncul ketika pengguna mengeluarkan S Pen dari kompartemennya di Galaxy S22 Ultra.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi menu pop-up yang akan muncul ketika pengguna mengeluarkan S Pen dari kompartemennya di Galaxy S22 Ultra.

Selain memilih aplikasi dan fitur yang sudah tersedia, pengguna juga bisa mengeklik menu "Add" untuk memunculkan fitur atau ikon pintasan berbagai aplikasi favorit yang terpasang di ponsel di menu pop-up S Pen ini.

Nah, di samping mencatat melalui menu pop-up tadi, fitur menulis menggunakan S Pen juga bisa dinikmati ketika layar ponsel sedang dalam mode standby.

Dalam kondisi tersebut, ketika S Pen dikeluarkan, maka layar ponsel akan berubah menjadi layar hitam yang bisa dicoret-coret layaknya sebuah papan tulis. Fitur ini bisa dibilang sangat berguna apabila pengguna ingin mencatat hal-hal penting yang datang secara tiba-tiba.

Untuk pengalaman pemakaian S Pen sendiri, sensasinya memang seperti menulis atau menggambar di atas secarik kertas. Sebab, berkat latency rendah tadi, layar ponsel terbilang sangat responsif untuk menerima input atau goresan dari ujung S Pen.

Baca juga: Perbedaan dan Teknologi Kamera Samsung Galaxy S22, S22 Plus, dan S22 Ultra

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.