Kompas.com - 07/03/2022, 16:45 WIB

KOMPAS.com - VoLTE merupakan singkatan dari Voice Over LTE, yaitu teknologi yang diklaim dapat memberikan kualitas suara “HD Voice” yang lebih jernih saat melakukan panggilan telepon menggunakan internet.

Selain itu, VoLTE memiliki manfaat lain seperti koneksi lebih cepat, daya tahan baterai lebih baik, hingga dapat melakukan panggilan telepon dan internet secara bersamaan.

Salah satu operator seluler di Indonesia yang memiliki layanan ini adalah Indosat Ooredoo. Serupa dengan yang dijelaskan sebelumnya, VoLTE Indosat adalah teknologi baru dari IM3 Ooredoo yang memberikan layanan untuk pelanggan dapat menggunakan voice call dengan kualitas HD.

VoLTE Indosat Ooredoo sendiri telah rilis sejak September 2020 lalu, menyusul operator seluler Telkomsel, Smartfren, dan XL Axiata yang telah lebih dulu meluncurkan layanan ini.

Baca juga: Pelanggan Indosat Kini Bisa Nikmati Layanan VoLTE

Layanan VoLTE Indosat Ooredoo pun dapat digunakan para pelanggan Indosat di lebih dari 30 kota di Indonesia. Dengan adanya VoLTE Indosat, pengguna bisa tetap streaming atau bermain game, meskipun ada panggilan seluler masuk.

Telepon yang masuk juga diklaim dapat terhubung lebih cepat daripada telepon seluler tradisional. Pelanggan dapat beralih dari panggilan suara ke panggilan video atau sebaliknya dengan mudah tanpa harus menutup telepon terlebih dahulu.

Layanan VoLTE dapat dinikmati seluruh pelanggan IM3 Ooredoo praBayar dan pascabayar dengan kriteria berikut ini:

  • Pelanggan yang telah menggunakan smartphone yang mendukung jaringan VoLTE
  • Software untuk smartphone pelanggan sudah diperbarui (updated)
  • Pelanggan berada dalam wilayah yang terjangkau oleh jaringan VoLTE IM3 Ooredoo. Cakupan area VoLTE Indosat bisa disimak di tautan berikut.

Untuk mendapatkan layanan VoLTE Indosat Ooredoo, pelanggan harus menggunakan kartu IM3 Ooredoo dan perangkat smartphone yang sudah mendukung jaringan 4G, serta berada di area jangkauan fitur VoLTE.

Baca juga: VoLTE, Tambang Emas Baru Operator

Layanan ini juga hanya tersedia pada Kartu Perdana 4G Indosat. VoLTE Indosat juga dapat dinikmati tanpa paket apapun atau dengan paket Freedom Combo dan Paket Obrol IM3 Ooredoo.

Pelanggan juga tidak dikenakan biaya tambahan maupun menghabiskan kuota data. Untuk menggunakan VoLTE pelanggan hanya akan dibebani tarif retail voice eksisting atau Paket Obrol.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.