Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/03/2022, 19:09 WIB

KOMPAS.com - Lembaga riset Counterpoint merilis laporan terbarunya tentang sepuluh smartphone paling laris sepanjang tahun 2021.

Dalam daftar itu, Redmi 9A menjadi ponsel terlaris Xiaomi sepanjang 2021, yang menduduki posisi ketujuh sebagai ponsel paling laku di dunia, ditemani dengan Redmi 9 yang menduduki posisi ke sepuluh.

Secara penjualan, Redmi 9A sendiri menyumbang 1,9 persen dari total penjualan smartphone global pada 2021 lalu, sedangkan Redmi 9 menyumbang 1,1 persen.

Dari sisi Xiaomi sendiri, Counterpoint mengeklaim bahwa kedua ponsel tersebut berkontribusi terhadap 22 persen dari seluruh total penjualan ponsel perusahaan sepanjang 2021.

Baca juga: Melihat Lebih Dekat Xiaomi Redmi 9A dari Segala Sisi

Keberhasilan Redmi 9A dan Redmi 9 ini, menurut Counterpoint, didorong oleh suksesnya strategi Xiaomi menggelontorkan ponsel murah di sejumlah pasar inti mereka seperti China, India, dan sejumlah negara di Asia Pasifik.

Kembali lagi ke daftar ponsel terlaris sepanjang 2021 versi Counterpoint tadi, selain Xiaomi, ponsel buatan Apple dan Samsung juga masuk ke dalam daftar tersebut, sebagaimana bisa dilihat pada gamar grafik berikut ini.

Daftar 10 smartphone terlaris di dunia sepanjang 2021 versi Counterpoint.CounterpointResearch Daftar 10 smartphone terlaris di dunia sepanjang 2021 versi Counterpoint.

Spesifikasi dan Harga Redmi 9A

Nah, apabila fokus pada Redmi 9A, ponsel tersebut merupakan model lain dari Redmi 9 Series yang dilncurkan di Indonesia pada Agustus 2020 lalu.

Ponsel ini bisa dibilang dibekali dengan spesifikasi dan harga menarik di kelas entry-level, sehingga mungkin wajar saja apabila dinobatkan Counterpoint sebagai salah satu ponsel terlaris di dunia sepanjang 2021.

Baca juga: 10 Smartphone Terlaris di Dunia 2021

Di Indonesia, Redmi 9A masih terdaftar di situs web penjualan Xiaomi Indonesia dan pantauan KompasTekno, Sabtu (12/3/2022), ponsel tersebut saat ini dijual dengan harga Rp 1.249.000 untuk varian 2 GB/32 GB dan Rp 1.399.000 untuk varian 3 GB/32 GB.

Dengan harga tersebut, pengguna bisa mendapatkan ponsel dengan layar berukuran 6,53 inci (resolusi HD Plus) yang ditenagai chipset Mediatek Helio G25 berkecepatan 2,0 GHz, serta baterai jumbo di kelasnya yang memiliki kapasitas 5.000 mAh.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.