Kompas.com - 12/03/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - WhatsApp punya segudang fitur yang kadang jarang diketahui oleh kebanyakan penggunanya. Hidden fitur WhatsApp atau fitur tersembunyi WhatsApp, bisa juga  diakses lewat platform WhatsApp versi Web atau dikenal dengan WhatsApp Web.

Fitur WhatsApp tidak sebatas berfungsi untuk berkirim pesan, panggilan telepon, atau panggilan video. Terdapat fitur tambahan yang kadang bisa membuat pengalaman berkomunikasi jadi lebih menarik di WhatsApp.

Baca juga: 4 Cara Telepon dan Kirim Pesan WhatsApp Tanpa “Save” Nomor

Mungkin sebagian dari Anda telah banyak mengetahui fitur apa saja yang tersedia di aplikasi WhatsApp ponsel. Namun, bagaimana dengan fitur yang ada di WhatsApp Web? Apakah sudah mengetahuinya semua?

WhatsApp memang kadang tidak merilis fitur yang sama pada dua platform yang berbeda. Misalnya, WhatsApp Web tidak mempunyai fitur untuk melakukan panggilan video dan telepon, layaknya aplikasi WhatsApp di ponsel.

Kendati demikian, ada fitur tersembunyi WhatsApp Web yang sebenarnya hampir mirip juga dengan yang di ponsel, bahkan ada yang lebih menarik. Penasaran ingin mencoba fitur tersebut? Simak, enam fitur WhatsApp Web yang jarang diketahui, sebagai berikut:

1. Shorcut WhatsApp Web

Fitur tersembunyi WhatsApp Web yang pertama adalah shortcut atau tombol pintasan. Anda bisa mengakses perintah di WhatsApp Web dengan cepat hanya dengan memasukkan kombinasi tombol keyboard tertentu

Apabila merasa terlalu lama mengoperasikan WhatsApp Web dengan kursor, Anda bisa mencoba beberapa shortcut berikut ini untuk memberikan perintah pada WhatsApp Web:

  • “Ctrl” + “Alt” + “Shift” + “U”: Unread
  • “Ctrl” + “Alt” + “Shift” + “M”: Mute
  • “Ctrl” + “Alt” + “E”: Archive Chat
  • “Ctrl” + “Alt” + “Backspace”: Delete Chat
  • “Ctrl” + “Alt” + “Shift” + “P”: Pin Chat
  • “Ctrl” + “Alt” + “/”: Search
  • “Ctrl” + “Alt” + “Shift” + “F”: Search chat
  • “Ctrl” + “Alt” + “N”: New Chat
  • “Ctrl” + “Alt” + “Shift” + “N”: New Group
  • “Ctrl” + “Alt” + “P”: Profile and About
  • “Ctrl” + “Alt” + “,”: Settings

2. Mengetik dan cari emoji dengan keyboard

Ilustrasi mencari emoji dengan mengetik kata kunci di WhatsApp WebKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi mencari emoji dengan mengetik kata kunci di WhatsApp Web

WhatsApp punya banyak koleksi emoji yang bisa dipakai untuk membuat obrolan lebih ekspresif. Banyaknya koleksi emoji tersebut kadang membuat bingung mencari yang pas untuk digunakan.

Di WhatsApp Web, Anda bisa mencari emoji tanpa harus melihatnya satu per satu, hanya dengan mengetik kata kunci yang berkaitan menggunakan keyboard di kolom yang tersedia. Cara mencari emoji dengan mengetik kata lewat keyboard cukup mudah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.