Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Netter, Apa Bedanya dengan Netizen?

Kompas.com - 14/03/2022, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak sekali kata yang tidak jamak digunakan dalam interaksi langsung di dunia nyata, namun justru kerap dipakai untuk menyebut sesuatu hal di dunia maya atau internet, salah satunya adalah “netter”

Bagi sebagian pengguna yang sering berselancar di Google Search, mungkin sudah pernah menjumpai beberapa konten yang memuat istilah netter atau netters, namun memang belum terlalu banyak.

Bahkan jika ditelusuri di platform lain seperti Twitter, tidak banyak dijumpai istilah netter dipakai dalam cuitan berbahasa Indonesia. Meski belum banyak dijumpai, ada saja pengguna yang mencari pengertian mengenai apa itu netter di internet.

Baca juga: Arti Kata “Ngang Ngong Ngang Ngong” yang Banyak Dipakai di Twitter dan Instagram

Lantas, apa sebenarnya maksud dari istilah netter dalam internet? Netters biasanya merupakan sebutan untuk menyapa pengguna di internet, yang mungkin hampir mirip seperti istilah netizen.

Berbeda dengan netter, istilah netizen telah jauh lebih lama ada dan digunakan untuk memberi sebutan pada pengguna internet. Istilah ini pun juga sudah diserap dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjadi warganet.

Dalam KBBI sendiri, arti netizen atau warganet adalah orang yang aktif menggunakan internet. Sementara itu, berdasar penelusuran KompasTekno lebih lanjut di kamus bahasa asing, arti netter adalah orang yang aktif menggunakan internet juga.

Dari kedua istilah dengan arti yang relatif sama tersebut, lantas apa perbedaan apa perbedaan netter dan netizen? Untuk menjawab pertanyaan itu, sekiranya perlu untuk meninjau konteks penggunaan istilah dari dua kata tersebut.

Dalam kamus bahasa asing online Collins, netter merupakan salah satu istilah dalam bahasa slang atau bahasa gaul dan biasa digunakan untuk menyebut seseorang yang banyak menghabiskan waktu di internet, khususnya yang suka mengunggah konten.

Sederhanya, netter adalah sebutan untuk pengguna internet biasa, mirip dengan istilah “Webbie” atau orang yang suka berselancar di website. Jika netter adalah pengguna internet biasa maka berbeda cerita dengan arti netizen.

Kendati istilah netizen punya arti yang relatif sama dengan netter, namun sebenarnya terdapat perbedaan konteks penggunaannya. Netizen adalah orang yang menggunakan internet untuk menyuarakan aspirasi dan memberikan dampak pada perubahan sosial.

Kata netizen telah dipakai sejak sekitar pertengahan 1990’an. Netizen sendiri merupakan padanan kata berbahasa Inggris yang melebur jadi, antara kata net (jaringan internet) dan citizen (warga atau masyarakat).

Layaknya seorang warga di dunia nyata, netizen juga memiliki peran untuk menyuarakan sesuatu hal terkait beragam masalah, seperti politik, ekonomi, sosial, dan sebagainya. Hanya saja, medium suara netizen itu berada di platform internet, misalnya seperti Twitter.

Baca juga: Viral di TikTok, Begini Arti Kata “Ura” yang Kerap Diucapkan Putin

Dikutip dari laman resmi Universitas Columbia, pelopor kata netizen kala itu adalah seorang lulusan kampus tersebut, Michael F Huben, yang mendedikasikan dirinya untuk menganalisis dampak sifat kolaboratif internet terhadap komunitas global.

Demikian pengertian netter dan perbedaannya dengan netizen, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com