Fitur Percepat Hapus Riwayat Pencarian Google Mulai Digulirkan untuk Pengguna Android

Kompas.com - 22/03/2022, 07:02 WIB

KOMPAS.com - Dalam acara Google I/O tahun 2021 lalu, Google telah mengumumkan fitur hapus riwayat pencarian Google Search yang dicari pengguna dalam 15 menit terakhir.

Durasi ini lebih cepat dari yang tersedia selama ini, di mana pengguna hanya bisa menghapus histori pencarian di Google paling cepat yang dilakukan dalam 24 terakhir atau sehari.

Namun saat itu fitur tersebut hanya tersedia untuk penggua Google Search versi iOS. Kini Google memperluas fitur hapus riwayat pecarian itu ke pengguna Android.

Baca juga: Cara Hapus Riwayat Pencarian Google di Desktop dan Mobile

Kemunculan fitur ini pertama kali diketahui oleh Mishaal Rahman dari XDA Developers. Ia mengeklaim mendapat informasi pembaruan fitur itu di Google Search dan saat ini sedang dalam proses peluncuran ke pengguna Android.

Google sendiri juga mengonfirmasi peluncuran fitur ini untuk pengguna Android.

"Kami saat ini meluncurkan fitur itu di aplikasi Google untuk Android dan semoga akan tersedia untuk semua orang dalam beberapa minggu ke depan," kata juru bicara Google, Ned Adriance, sebagaimana dikutip KompasTekno dari The Verge, Selasa (22/3/2022).

Baca juga: Google I/O 2022 Digelar Online dan Gratis, Ini Jadwal serta Link Daftarnya

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghapus daftar pencarian di Google Search yang dilakukan 15 menit terakhir.

Untuk mengetahui apakah fitur ini sudah mendarat di perangkat Android Anda, Anda dapat membuka aplikasi Google Search yang terpasang di ponsel Android.

Kemudian, klik ikon foto profil Anda dan cari opsi "Hapus 15 menit terakhir". Jika fitur ini sudah tersedia pada perangkat Anda, opsi untuk menghapus riwayat pencarian 15 menit terakhir akan terlihat di bawah menu "Riwayat Pencarian", seperti gambar di bawah ini.

Fitur hapur riwayat pencarian 15 menit terakhir di Google SearchPhone Arena Fitur hapur riwayat pencarian 15 menit terakhir di Google Search

Baca juga: Google Permudah Hapus Riwayat Pencarian, Begini Caranya

Berdasarkan pantauan KompasTekno, saat artikel ini ditulis beberapa pengguna Google Search di Android belum kebagian fitur ini. Ada kemungkinan peluncuran fitur akan digulirkan secara bertahap ke pengguna Android.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.