Ini Solusi Samsung Atasi GOS yang Batasi Performa Smartphone Galaxy

Kompas.com - 07/04/2022, 14:02 WIB

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, aplikasi sistem Samsung, yaitu Game Optimization Service (GOS) dilaporkan membatasi kinerja dari ribuan aplikasi yang berjalan di sejumlah ponsel dan tablet flagship Galaxy, termasuk Galaxy S22 Series dan Galaxy Tab S8 Series.

Walhasil, aplikasi-aplikasi di ponsel dan tablet flagship Samsung tersebut tidak akan berjalan di performa tertingginya, sehingga berdampak pada pengalaman pengguna.

Baru-baru ini, Samsung sendiri dilaporkan tengah mengerjakan chip atau prosesor baru untuk mengatasi masalah GOS tersebut.

Menurut laporan outlet media Korea Selatan, iNews24, President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics, TM Roh mengonfirmasi hal tersebut saat menghadiri pertemuan internal Samsung.

Baca juga: CEO Samsung Minta Maaf soal Isu GOS di Galaxy S22 Series

Saat pertemuan, seorang karyawan Samsung dilaporkan menanyakan terkait solusi yang disiapkan Samsung untuk mengatasi aplikasi sistem Samsung GOS yang dikeluhkan pengguna.

Menjawab pertanyaan itu, Roh mengatakan bahwa Samsung akan membuat prosesor aplikasi (application processor/AP) baru yang unik, hanya untuk smartphone Galaxy.

Namun, sayangnya, belum jelas kapan dan bagaimana sistem kerja AP baru itu. Application processor (AP) sendiri mengacu pada sebuah sistem pada System-on-Chip (SoC) yang dirancang untuk mendukung aplikasi yang berjalan di lingkungan sistem operasi smartphone.

AP menyediakan lingkungan operasi mandiri yang memberikan semua kemampuan sistem yang diperlukan untuk mendukung aplikasi perangkat, termasuk manajemen memori, pemrosesan grafik, dan decoding multimedia, sebagaimana dihimpun dari TechTarget.

Baca juga: Samsung Setop Dukungan Update Software untuk Galaxy S9 dan S9 Plus

Ongkos produksi ponsel Galaxy bakal naik?

Selama ini, ponsel Samsung Galaxy biasanya diotaki oleh beberapa jenis chipset (SoC) bikinan beberapa vendor chipset ponsel terkemuka, misalnya chipset Snapdragon bikinan Qualcomm dan chipset Dimensity bikinan MediaTek.

Ponsel Samsung Galaxy juga banyak yang dipasarkan menggunakan chipset Exynoss bikinan Samsung sendiri.

Halaman:
Sumber 9to5Google


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.