Kenapa Baterai HP Tidak Mengisi Saat Dicas? Ini 5 Cara Mengatasinya

Kompas.com - 10/04/2022, 07:15 WIB
Ilustrasi HP yang sedang dicas Shutterstock/Jo Panuwat DIlustrasi HP yang sedang dicas

KOMPAS.com - Bagi sebagian pengguna handphone (HP), entah HP Android atau iPhone, mungkin pernah menjumpai persoalan daya pada baterai tidak terisi, kendati sedang dicas. Daya pada baterai bisa jadi tidak bertambah atau bahkan saat HP dicas malah berkurang.

Idealnya, daya baterai akan bertambah saat HP terhubung dengan perangkat cas. Seiring lama waktu HP terhubung dengan perangkat cas, baterai bakal menerima dan menyimpan daya hingga penuh sesuai kapasitasnya.

Baca juga: Kenapa HP Sekarang Banyak yang Pakai Baterai Tanam?

Namun, terdapat kondisi tertentu daya baterai HP dicas tapi tidak mengisi. Saat pengisian daya berjalan, biasanya bakal muncul simbol tegangan listrik di bar baterai pada layar HP. Simbol tersebut jadi tanda bahwa baterai HP tengah diisi dayanya.

Pada kondisi daya baterai HP dicas tapi tidak mengisi atau malah berkurang, simbol tegangan listrik pada layar HP tersebut biasanya tetap muncul. Meski simbol itu muncul, tapi persentase daya dari baterai tak kunjung bertambah.

Lantas, kenapa baterai tidak mau mengisi daya meski HP sedang dalam posisi dicas? Penyebab dari persoalan ini bermacam-macam, bisa dari segi kabel cas, adaptor cas, stopkontak, dan sebagainya.

Anda juga tengah mengalami persoalan daya baterai HP dicas malah berkurang atau tidak terisi? Tenang, berikut KompasTekno rangkumkan penyebab baterai HP tidak terisi saat dicas serta cara mengatasinya.

Cara mengatasi baterai HP tidak bertambah saat dicas

1. Hentikan menjalankan aplikasi berat

Saat menjalankan aplikasi berat, seperti game online 3D, temperatur HP akan naik karena hardware telah bekerja dengan ekstra. Suhu HP akhirnya bisa menjadi lebih panas.

Apabila suhu HP dalam kondisi panas, biasanya fitur-fitur tertentu bakal dimatikan secara otomatis, termasuk pengisian daya. Jadi, ketika Anda menjalankan aplikasi berat dengan posisi HP sedang dicas, kemungkinan pengisian dayanya akan berjalan tidak optimal.

Daya pada baterai HP bisa tidak terisi atau malah berkurang, saking banyaknya konsumsi daya yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi berat itu. Menjalankan aplikasi berat bersamaan dengan mengisi daya bisa menjadi salah satu penyebab baterai HP tidak terisi saat dicas.

Dengan demikian, cara mengatasi baterai HP tidak bertambah saat dicas dalam kasus ini bisa dengan menutup atau menghentikan menjalankan aplikasi berat sejenak, hingga temperatur HP kembali normal dan bisa dicas kembali.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.