Kenapa HP Sekarang Banyak yang Pakai Baterai Tanam?

Kompas.com - 26/03/2022, 15:15 WIB

KOMPAS.com - Saat ini tampaknya hampir tidak ada lagi handphone (HP) dengan baterai yang bisa dilepas-pasang (removable battery). Mungkin hingga sekitar tahun 2010, masih bisa dijumpai HP dengan baterai lepasan.

Selanjunya, tren penggunaan baterai lepasan pada HP mulai bergeser dengan kehadiran baterai tanam (non-removable battery). Ponsel pabrikan Apple iPhone punya peran dalam mempopulerkan HP yang menggunakan baterai tanam.

Apple cukup sukses mengenalkan iPhone yang memiliki bodi ramping dengan performa andal, salah satunya berkat penggunaan baterai tanam untuk mengisi kemampuan perangkat di sektor daya.

Baca juga: 10 Tips agar iPhone Tidak Boros Baterai

iPhone generasi pertama yang dikeluarkan tahun 2007 telah menggunakan model baterai tanam dan sukses dipasaran. Bertahun-tahun kemudian, beberapa ponsel dari merek lain mulai ikut menggunakan baterai tanam, seperti Samsung Galaxy S6 di tahun 2016.

Hingga kini, mungkin sulit untuk menemukan lagi HP keluaran terbaru dengan baterai lepasan. Lantas, kenapa HP sekarang pakai baterai tanam?

Jawaban paling sederhananya adalah baterai tanam punya keunggulan yang tidak dimiliki baterai lepasan. Ada pun keunggulan baterai tanam adalah sebagai berikut:

Keunggulan baterai tanam

1. Membuat ponsel jadi lebih ramping dan ringan

Baterai lepasan membutuhkan rangka plastik khusus yang memisahkannya dengan bagian mesin HP. Rangka ini tersebut biasanya ukuran yang cukup besar, sehingga membuat bobot dan ukuran ponsel jadi lebih besar.

Rangka tersebut berfungsi untuk melindungi mesin dari kebocoran kandungan baterai, yang mungkin saja bisa terjadi akibat aktivitas lepas-pasang baterai yang dilakukan pengguna.

Sementara itu, baterai tanam tidak membutuhkan rangka plastik tersebut, sehingga membuat ponsel jadi lebih ramping dan ringan. Baterai seperti tertanam di ponsel secara permanen.

Pencegahan kebocoran baterai dilakukan dengan membuat bodi ponsel tidak bisa dibuka sembarangan. Konsekuensinya, pengguna jadi tidak bisa lepas-pasang baterai secara bebas.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.