BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

5 Cara Efektif Tingkatkan Skill Mobile Photography untuk Raup Cuan di Media Sosial

Kompas.com - 11/04/2022, 14:46 WIB
Ilustrasi traveler memotret menggunakan Oppo Reno7 Series 5G. DOK. Oppo Indonesia.Ilustrasi traveler memotret menggunakan Oppo Reno7 Series 5G.

KOMPAS.com – Di tengah perkembangan teknologi digital, hobi mobile photography semakin digemari. Lewat hobi ini, seseorang dapat mengekspresikan diri dan kreativitas. Terlebih, hasil foto semakin mudah dipublikasikan melalui media sosial.

Hobi mobile photography pun melahirkan kreator konten di berbagai bidang peminatan, mulai dari travelling, kesehatan, psikologi, kuliner, hingga politik.

Jika ditekuni secara serius, hobi tersebut berpotensi menghasilkan cuan yang menjanjikan. Untuk sampai pada tahap itu, kreator konten harus mampu menyajikan informasi secara menarik.

Selain itu, kreator konten juga wajib menampilkan foto berkualitas, meski hanya menggunakan kamera ponsel.

Untuk meningkatkan skill mobile photography demi menghasilkan foto berkualitas, kamu bisa menerapkan 5 cara berikut.

1. Membuat perencanaan matang

Meski terkesan mudah karena menggunakan perangkat yang umum dimiliki setiap orang, mobile photography tetap punya tantangan. Karenanya, kamu perlu menyiapkan perencanaan secara matang.

Sebagai langkah awal, siapkan konsep foto yang akan diambil. Kamu bisa mencari inspirasi lewat media sosial. Dengan melihat berbagai unggahan kreatif, kamu bisa menentukan konsep foto terbaik untuk ditampilkan.

2. Pahami komposisi foto

Untuk menghasilkan foto berkualitas, kamu harus memahami hal-hal teknis terkait komposisi foto. Salah satunya adalah pencahayaan (lighting) yang dapat mengubah nuansa sebuah foto.

Kamu bisa menggunakan pencahayaan natural, seperti sinar matahari atau lampu lighting khusus agar obyek foto menjadi lebih menarik dan gambar yang dihasilkan lebih berkualitas.

Ilustrasi memotret menggunakan smartphoneDok. Oppo Ilustrasi memotret menggunakan smartphone

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan arah cahaya sebelum memotret. Hal ini akan memengaruhi gambar yang dihasilkan. Sebagai contoh, ketika terhalang sumber cahaya, obyek foto menjadi gelap atau yang lebih dikenal dengan istilah siluet.

3. Rajin praktik

Memotret dengan kamera smartphone memang tidak serumit menggunakan kamera profesional, misalnya kamera digital single lens reflex (DSLR).

(Baca juga: Suka Mobile Photography? 5 Fitur Fotografi Ini Wajib Ada di Smartphone)

Meski demikian, kamu tetap perlu rajin berlatih demi menghasilkan gambar berkualitas. Salah satu hal penting yang perlu dilatih adalah kestabilan tangan ketika menggenggam smartphone.

Jika tanganmu bergetar atau goyang, foto yang dihasilkan cenderung blur atau tidak jelas. Hal ini memang bisa disiasati dengan menggunakan tripod.

Namun, sebagai mobile photographer, momen-momen terbaik kerap terjadi secara spontan. Ketika momen ini tiba, kamu mungkin tidak selalu membawa tripod. Tanpa kemampuan menggenggam smartphone secara stabil, kamu bisa saja melewati momen tersebut.

4. Kenali kemampuan kamera smartphone

Kemampuan kamera pada smartphone menjadi kunci dalam menghasilkan foto yang berkualitas. Oleh sebab itu, kamu harus memahami kemampuan kamera dan fitur-fitur unggulan smartphone tersebut.

Sebagai contoh, kamera pada Oppo Reno7 Series 5G. Kamera ini memiliki mode Portrait yang dapat menyimulasikan 25 tingkatan ukuran bukaan lensa (aperture) mulai dari F0,95 hingga F16. Dengan bukaan lensa tersebut, pengguna akan mendapatkan hasil foto bokeh dengan mudah.

5. Bergabung dalam komunitas dan kelas fotografi

Agar skill mobile photography semakin terasah, kamu dapat bergabung dengan komunitas dan kelas fotografi. Lewat komunitas ini, kamu bisa mendapatkan pengetahuan baru mengenai mobile photography.

Keikutsertaan kamu dalam ekosistem sesama pegiat mobile photography juga akan memperluas jaringan pertemanan sehingga kamu bisa bertukar pengalaman.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa mengikuti Oppo Reno Photography Portrait Class yang berkolaborasi dengan Kelas Pagi Jakarta.

Lewat kelas tersebut, kamu bisa meningkatkan kemampuan dan mendapatkan tip dari para expert di bidang fotografi. Adapun program ini dibuka untuk umum secara gratis.

(Baca juga: Mau Punya Kerjaan Sampingan? 4 Ide Side Hustle Ini Bisa Dilakukan dengan Smartphone)

Untuk diketahui, Oppo Reno Photography Portrait Class diadakan pada 16 dan 17 April 2022 serta 22 hingga 24 April 2022.

Kamu bisa mendaftar dan memilih jadwal yang sesuai pada laman https://renoacademy-id.com/.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti kompetisi foto guna meningkatkan skill mobile photography, misalnya Oppo Reno Academy Photo Competition 2022 yang berlangsung hingga 8 Mei 2022.

Untuk diketahui, Oppo Reno Academy Photo Competition 2022 yang mengangkat tema #EverybodyIsAPortrait merupakan bagian dari program global Oppo untuk para generasi muda kreatif.

Oppo menggelar Oppo Reno Academy Photo Competition 2022 yang berlangsung hingga 8 Mei 2022 untuk para generasi muda kreatif.Oppo Indonesia Oppo menggelar Oppo Reno Academy Photo Competition 2022 yang berlangsung hingga 8 Mei 2022 untuk para generasi muda kreatif.

Chief Creative Officer Oppo Indonesia Patrick Owen mengatakan bahwa kompetisi tersebut memberikan ruang bagi tokoh-tokoh muda inspiratif yang memiliki karakter kuat dalam setiap karyanya untuk berbagi kisah melalui fotografi.

“Kami berharap, event itu juga dapat menjadi platform bagi para kreator muda untuk berani membayangkan seni dan teknologi secara lebih luas sehingga mereka bisa mengembangkan kreativitas melalui kamera smartphone,” jelas Patrick dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (9/4/2022).

Menurut Patrick, saat ini, fotografi tidak sebatas dokumentasi, tetapi telah berevolusi menjadi media untuk mengekspresikan ide atau perasaan.

Lewat Oppo Reno Academy Photo Competition 2022, pihaknya berharap dapat meningkatkan awareness masyarakat mengenai produk Oppo sekaligus membangun engagement dengan para pengguna smartphone hi-tech itu.

Untuk mengikuti kompetisi tersebut, kamu dapat mengambil foto dengan smartphone dan mengunggahnya ke akun Instagram dengan format vertikal.

Pada bagian caption, tuliskan deskripsi menarik atau ide tentang foto yang diunggah. Tambahkan pula hashtag #RenoAcademy, #EverybodyIsAPortrait, #OPPOReno7Series, dan #UnlimitedMeInPortrait.

Jika foto tersebut diambil menggunakan perangkat Oppo, kamu dapat menambahkan hashtag #ShotonOPPO. Kemudian, beri tanda (tag) akun Instagram @OPPOIndonesia dan @kelaspagijkt.

Selanjutnya, copy link foto tersebut pada formulir yang terdapat pada renoacademy-id.com, serta isi nama dan alamat email kamu.

Sebagai informasi, penjurian akan dilakukan oleh sejumlah fotografer ternama, seperti Anton Ismael, Sharon Angelia, dan Hilarius Jason.

(Baca juga: Semakin Canggih, Ini Kehebatan Teknologi AI pada Kamera Smartphone)

Para pemenang berkesempatan mengikuti pelatihan intensif Oppo Reno Portrait Class bersama Kelas Pagi Jakarta untuk memperdalam ilmu fotografi. Selain itu, pemenang juga dapat menjadi bagian dari pameran serta event Oppo yang digelar secara offline dan online.

Tak hanya itu, pemenang juga akan mendapatkan satu unit Oppo Reno7 Series 5G. Sebagai brand premium internasional, Oppo Reno7 Series 5G membawa keunggulan pada fitur fotografi dan videografi.

Tampilan dari Oppo Reno7 5GDok. Oppo Tampilan dari Oppo Reno7 5G

Kamera pada seri Oppo yang terdiri dari Reno7 5G dan Reno7 Z 5G itu dapat menghasilkan foto bokeh yang biasanya hanya bisa didapat melalui kamera DSLR kelas atas dengan lensa bukaan diafragma besar. Foto bokeh pun dapat disempurnakan dengan fitur Bokeh Flare Portrait.

Selain itu, Oppo tetap menawarkan pengalaman selfie yang memukau lewat fitur Selfie HDR dan Portrait Retouching.

Peningkatan teknologi artificial intelligence (AI) pada Oppo Reno7 Series 5G juga terlihat dari kehadiran fitur AI Color Portrait. Fitur ini secara otomatis menerapkan filter hitam putih pada latar belakang foto, tetapi tetap mempertahankan warna asli pada subyek potret.

Sebagai informasi, Oppo membekali Reno7 5G dengan random access memory (RAM) berkapasitas 8 GB dengan teknologi ekspansi hingga 5 GB dan penyimpanan internal 256 GB.

Sementara itu, Oppo Reno7 Z 5G juga dilengkapi RAM 8 GB dengan opsi ekspansi hingga 5 GB dan penyimpanan internal 128 GB.

(Baca juga: Saingan Kamera DSLR, Ini Rahasia Teknologi Terkini pada Smartphone untuk Hasilkan Gambar Berkualitas Tinggi)

Adapun baterai yang dibenamkan pada Reno7 Series 5G berukuran 4.500 miliampere per hour (mAh). Pada Reno7 5G, Oppo melengkapi baterai tersebut dengan teknologi pengisian daya supercepat 65 watt (W) SuperVOOC. Dengan teknologi ini, pengguna dapat mengisi perangkat hingga 100 persen dari posisi kosong hanya dalam waktu 30 menit.

Ilustrasi smartphone yang dilengkapi dengan fitur fast chargingDok. Oppo Ilustrasi smartphone yang dilengkapi dengan fitur fast charging

Sementara pada Oppo Reno7 Z 5G, perangkat dapat terisi penuh dalam waktu 63 menit berkat teknologi pengisian daya supercepat 33 W SuperVOOC.

Untuk dapur pacu, Oppo Reno7 5G menggunakan prosesor Mediatek Dimensity 900 5G, sedangkan Oppo Reno7 Z 5G menggunakan prosesor terbaru Snapdragon 695 5G.

Pengguna bisa mendapatkan Oppo Reno7 5G dengan harga Rp 7.499.000 dan Oppo Reno7 Z 5G Rp 5.999.000.

Selain itu, pengguna juga bisa mendapatkan paket bundling eksklusif dari Telkomsel berupa paket data hingga 192 GB dengan tambahan 10 GB pada jaringan 5G.

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan Oppo Reno7 Series 5G, kamu bisa mengunjungi tautan berikut.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.