Kompas.com - 16/04/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Google diam-diam meluncurkan aplikasi "Switch to Android" untuk sejumlah wilayah pasar, termasuk Amerika Serikat.

Sesuai namanya, aplikasi ini dapat memudahkan pengguna iPhone (iOS) mimindahkan datanya ke ponsel berbasis sistem operasi (OS) Android.

Jadi, pengguna iPhone bisa dengan mudah memindahkan data seperti kontak, kalender, foto, dan video ke ponsel Android barunya secara langsung dengan aplikasi ini.

Menurut laporan outlet media TechCrunch, meski sudah diluncurkan, aplikasi "Switch to Android" belum bisa ditemukan bila dicari di aplikasi Apple App Store atau dicari melalui pencarian Google.

Ilustrasi aplikasi Switch to Android di Apple App Store.Ist Ilustrasi aplikasi Switch to Android di Apple App Store.
Saat ini, pengguna iPhone di sejumlah negara baru bisa meng-install aplikasi "Switch to Android" melalui tautan URL yang spesifik berikut ini.

Ketika coba diklik, pengguna iPhone di Indonesia juga sudah bisa meng-install aplikasi "Switch to Android" ini, seperti gambar di samping.

Baca juga: Fitur Transfer Chat dari Android ke iPhone Segera Hadir

"Aplikasi Beralih ke Android dari Google membantu Anda dengan cepat dan aman memindahkan jenis data terpenting Anda – foto, video, kontak, dan acara kalender — ke perangkat Android baru tanpa kabel yang merepotkan," tulis deskripsi aplikasi Switch to Android di App Store.

Bila sudah diunduh, aplikasi akan meminta serangkaian izin sehingga data iPhone pengguna dapat dipindahkan ke perangkat Android baru pengguna.

Selanjutnya, pengguna iPhone tinggal memindai kode QR yang ada di perangkat Android barunya. Setelah itu, pengguna tinggal mengikuti langkah-langkahnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari BGR, Jumat (15/4/2022).

Mulai dari memilih data apa saja yang akan dipindahkan dari iPhone ke Android. Pilihannya ada kontak, kalender, foto, dan video. Lalu, pengguna nantinya juga akan diminta untuk menonaktifkan aplikasi perpesanan instan bawaan iPhone, iMessage.

Baca juga: Apple Rilis iOS 15.4.1 untuk Perbaiki Masalah Baterai iPhone

Halaman:


Video Pilihan

Sumber BGR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.