Kompas.com - 04/05/2022, 09:15 WIB

KOMPAS.com - Berbicara bahasa gaul di TikTok, seakan tak pernah ada habisnya. Belakangan ini, ramai berseliweran di halaman For Your Page atau linimasa TikTok, video berdurasi singkat dengan hastag (tagar) yang memuat kata “membadut”.

Cukup banyak pengguna yang mengunggah video dengan hastag “membadut” (#membadut). Terpantau di aplikasi TikTok, setidaknya “#membadut” telah dipakai lebih dari 100 juta kali. Kendati cukup banyak dipakai, namun tahukah apa arti dari kata membadut?

Baca juga: Arti Kata “Red Flag” yang Kerap Digunakan di TikTok dan Twitter

Dalam beberapa unggahan yang terkelompok dalam “#membadut” di TikTok, pengguna mengunggah video dengan memakai fitur efek wajah badut, sembari menampilkan tangkapan layar riwayat chat bersama orang lain.

Sebagai contoh, penggunaan kata membadut itu bisa dilihat melalui unggahan akun dengan handle @avanthelove, sebagaimana tertera pada cuplikan video di bawah ini.

@avanthelove Literally #membadut #viralditiktok ? original sound - Ejayy

Pada video yang telah ditonton lebih dari 800.000 kali itu, terdapat tagar dengan kata “membadut”. Isi dari video menampilkan filter wajah badut, serta ditambahkan tangkapan layar riwayat chat bersama orang lain.

Tangkapan layar riwayat chat tersebut berisi pesan untuk melakukan instruksi aktivitas tertentu, namun akhirnya terdapat kesalahan.

Kemudian, beberapa video dari pengguna lain juga memuat pesan yang menyiratkan sebuah kesalahan. Misalnya, pada video yang diunggah oleh akun dengan handle @elizasifaa, sebagai berikut.

@elizasifaa bisa2nya lupa ganti metode pembayaran???????? #membadut #viralditiktok ? original sound - Ejayy

Video yang mendapat jumlah tontonan sebanyak lebih dari 100.000 kali itu juga berisi penggunaan filter wajah badut. Kemudian, disertakan pula tangkapan layar riwayat chat yang menceritakan sebuah kesalahan.

Pada tangkapan riwayat chat tersebut tampak seorang pengguna senang akibat paket yang dikirim telah sampai ke penerima pesan. Namun, pengguna lupa belum membayar paket tersebut, sehingga penerima pesan yang harus menanggung biayanya.

Pada dua contoh video di atas, tidak disertakan penjelasan secara spesifik mengenai arti kata membadut. Jika ditelaah lebih lanjut, kata “membadut” sendiri tersusun dari kata dasar “badut” yang diberi imbuhan awalan “mem”.

Dilansir dari laman resmi Kamus Besar Bahasa Indonesia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, arti badut secara harfiah adalah seorang pelawak. Sementara itu, arti membadut adalah menjadi badut atau berbuat sesuatu hal yang lucu.

Baca juga: Arti Kata “Mmf” yang Kerap Dipakai di Twitter

Dengan demikian, kata membadut di Tiktok dipakai untuk menunjukkan perbuatan lucu atau menggelitik, meski itu merupakan sebuah kesalahan. Itulah arti kata membadut yang ramai dipakai di TikTok, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.