Bahayakah Membersihkan Layar Smartphone dengan Cairan Alkohol?

Kompas.com - 06/05/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Ada banyak cara membersihkan layar smartphone. Mulai dari yang paling sederhana, yakni mengusap layar dengan kain fiber atau menyemprotnya dengan cairan khusus gadget.

Akan tetapi, tidak sedikit pengguna smartphone yang membersihkan layar smartphone dengan alkohol atau cairan yang mengandung alkohol. Sebab, banyak yang meyakini bahwa membersihkan layar smartphone dengan alkohol akan mampu membunuh kuman yang menempel di layar tanpa merusak komponen smartphone lainnya.

Asumsi itu rupanya tidak sepenuhnya tepat. Justru, cara membersihkan layar smartphone dengan alkohol sebaiknya dihindari. Apa alasannya?

Baca juga: Berapa Jarak Ideal antara Mata dan Layar Smartphone?

Layar akan berbintik

Membersihkan layar smartphone dengan cairan yang mengandung alkohol rupanya dapat membahayakan kondisi layar.

Terlebih jika teknik membersihkannya keliru, justru cairan alkohol bisa masuk ke komponen dalam smartphone dan membahayakan suku cadang di dalamnya.

Cairan alkohol tidak cukup aman untuk membersihkan layar berjenis LCD atau Liquid Crystal Display.

Sesuai namanya, layar ini dibuat dari bahan Liquid Crystal yang tersusun secara berlapis-lapis. Lapisan layar Liquid Crystal diapit oleh dua polarisator sehingga dapat berfungsi seperti layar pada umumnya.

Cairan alkohol menjadi berbahaya bagi layar karena baik layar Liquid Crystal dan polarisator adalah bahan yang mudah larut jika terkena alkohol. Jika terkena alkohol secara terus menerus, maka layar akan berbintik.

Baca juga: Jangan Pakai 9 Benda Ini untuk Membersihkan Layar Smartphone

Merusak komponen dalam

Cairan alkohol bisa menyusup ke komponen dalam perangkat lewat celah pada samping layar. Ketika masuk, cairan berbasis alkohol akan berpotensi merusak suku cadang di dalam smartphone.

Laporan Gizchina menyebut bahwa kebanyakan kerusakan layar LCD pada smartphone disebabkan karena cairan berbasis alkohol yang masuk melalui celah di pinggir layar.

Halaman:
Sumber GizChina


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.